Internasional

Perang Dagang Buat Suram, Manufaktur Jerman Jatuh di Oktober

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 December 2019 16:12
Perang Dagang Buat Suram, Manufaktur Jerman Jatuh di Oktober
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Statistik Jerman, Destatis, memaparkan jumlah pesanan baru untuk industri di negara itu kembali turun pada Oktober.

Perang dagang masih menjadi gangguan yang menyebabkan terganggunya sektor manufaktur di negeri panser itu.


"Kontrak untuk pesanan baru turun 0,4% secara bulan ke bulan (month-to-month/MtM) pada Oktober," tulis Destatis sebagaimana dilansir dari AFP, Kamis (5/12/2019).

Angka itu disesuaikan secara musiman (seasonally-adjusted).

Ketika menghitung pesanan besar yang fluktuatif untuk berbagai barang seperti pesawat terbang, penurunannya menjadi 1,4% MtM.

Meski begitu, ada sedikit kabar baik dari para ahli statistik yang merevisi naik pertumbuhan pesanan September menjadi 1,5%.



"Konflik perdagangan, ketidakpastian global, dan guncangan sektor-spesifik ... jelas membebani industri Jerman," ujar Ekonom Bank ING Carsten Brzeski dikutip dari media yang sama.

Sebelumnya pada Juli-Agustus, kementerian ekonomi Jerman memproyeksikan pertumbuhan bersih dalam bisnis baru sebesar 1% pada September-Oktober.

"Angka pesanan baru telah stabil dalam beberapa bulan terakhir, meskipun dinamika dalam industri tetap melemah," kata Kementerian Perekonomian Jerman.

"Prospek untuk kuartal terakhir tahun ini tetap berhati-hati."

[Gambas:Video CNBC]





(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading