Dicari! Komisaris Utama Ciputra Group, Pengganti Ciputra

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
28 November 2019 17:16
Dicari! Komisaris Utama Ciputra Group, Pengganti Ciputra
Jakarta, CNBC Indonesia - Grup Ciputra yang dikendalikan di bawah PT Ciputra Development Tbk (CTRA) tengah mencari kandidat tepat untuk menduduki posisi komisaris utama perusahaan setelah pendiri Grup dan juga komisaris utama Ciputra tutup usia pada Rabu kemarin (27/11/2019) di Singapura dalam usia 88 tahun.

Direktur Ciputra Group Nararya Ciputra Sastrawinata mengatakan pihaknya tengah mencari sosok yang tepat untuk menduduki posisi komisaris utama perusahaan.

"Kami akan mencari kandidat yang sesuai untuk setiap perusahaan yang Pak Ci [Ciputra] sebelumnya duduki. Kami analisa satu persatu untuk mencarinya. Kita tidak utamakan keluarga atau profesional, kita akan melihat kapabilitas mana yang sesuai," katanya usai konferensi pers di Ciputra World 1, Jakarta, Kamis (28/11/2019).



Cucu mendiang Ciputra ini mengatakan jumlah perusahaan dalam Grup Ciputra ada emiten (perusahaan terbuka) yang mementingkan keterbukaan informasi, dan ada pula statusnya non terbuka.

"Ada perusahaan publik dan swasta. Enggak bisa dijawab dulu. Satu-satu dijalani dulu prosesnya. Kita akan mengikuti peraturan [termasuk aturan emiten," tegasnya.

Beberapa perusahaan yang menempatkan Ciputra sebagai pengurus (komisaris) di antaranya Grup Metropolitan dan Jaya Group. "Kita akan lihat satu-satu dulu, sebulan belum tentu [diputuskan] karena ada prosedur pemanggilan RUPS dan lain-lain. Mungkin awal tahun depan. Tapi kita akan ikuti aturan mengikuti sebagai perusahaan publik."

Adapun dalam hal operasional, tidak masalah mengingat posisi komisaris adalah mengawasi sehingga tidak berdampak karena operasional dijalankan oleh tim manajemen. "Jadi operation tidak berdampak."


Mengacu pada situs resmi CTRA, komisaris utama dijabat oleh Ciputra, sementara komisaris yakni Dian Sumeler (istri mendiang Ciputra), 
Rina Ciputra Sastrawinata (putri pertama Ciputra, ibu dari Nararya), Junita Ciputra (putri kedua Ciputra), dan Sandra Hendharto (menantu Ciputra).

Adapun komisaris independen yakni Kodradi 
(ex Direktur Utama Bank Tabungan Negara periode 2000-2007) dan Thomas Bambang (Keuskupan Agung Jakarta).

Sementara untuk posisi direksi yakni:
  • Dirut: Candra Ciputra
  • Direktur: Cakra Ciputra (Putra Ciputra)
  • Direktur: Budiarsa Sastrawinata
  • Direktur: Harun Hajadi
  • Direktur: Agussurja Widjaja
  • Direktur: MI Meiko Handoyo Lukmantara
  • Direktur: Sutoto Yakobus
  • Direktur: Nanik J. Santoso
  • Direktur: Artadinata Djangkar
  • Direktur: Tanan Herwandi Antonius
  • Direktur: Tulus Santoso Brotosiswojo



Siapa Penerus Gurita Bisnis Properti Ciputra?Foto: Infografis/Kunci Sukses Ciputra/Edward Ricardo
(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading