Sah! Zurich Akuisisi 80% Saham Asuransi Adira dari Danamon

Market - Cantika Adinda Putri & Monica Wareza, CNBC Indonesia
28 November 2019 15:06
Zurich Insurance Group (Zurich) telah menyelesaikan akuisisi 80% kepemilikan saham di PT Asuransi Adira Dinamika.

Jakarta, CNBC Indonesia - Zurich Insurance Group (Zurich) telah menyelesaikan akuisisi 80% kepemilikan saham di PT Asuransi Adira Dinamika dari PT Bank Danamon Indonesia Tbk. (BDMN). Rampungnya transaksi ini menjadikan Asuransi Adira ini menjadi perusahaan asuransi umum internasional terbesar di Indonesia.

Direktur Utama Bank Danamon Yasushi Itagaki mengatakan Bank Danamon masih menjadi pemegang saham minoritas dari perusahaan tersebut sebesar 20%.

Ke depan kerja sama antara kedua institusi masih dilakukan melalui transaksi dan kemitraan Bancassurance.


"Asuransi Adira merupakan bagian yang penting dari Danamon Group. Penting bagi kami untuk memberikan apresiasi terhadap manajemen Asuransi Adira yang lalu maupun saat ini karena telah membawa perusahaan menjadi salah satu penyedia layanan asuransi umum terbesar di Indonesia," kata Yasushi dalam siaran persnya, Kamis (28/11/2019).

"Kami yakin investasi dari Zurich, yang merupakan salah satu penyedia asuransi umum terkemuka di dunia, akan lebih memperkuat Asuransi Adira dan menambahkan nilai tambah kepada para pemegang polis serta para pemangku kepentingan lainnya," katanya.

Dia mengatakan Asuransi Adira akan menjadi kanal bagi Danamon untuk meningkatkan penetrasi pasar di segmen konsumer, UKM, komersial, dan penetrasi PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (ADMF) atau Adira Finance, serta dapat menghasilkan peluang pendapatan fee base income yang lebih besar.

Hasil dari penjualan kepemilikan saham Asuransi Adira ini akan dialokasikan untuk memperkuat perusahaan termasuk infrastruktur bank, peningkatan kualitas layanan nasabah dan potensi penambahan pendapatan kepada pemegang saham bentuk dividen.

Dalam siaran pers terpisah, CEO Zurich Asia Pacific Jack Howell mengatakan Indonesia merupakan bagian penting dari strategi pertumbuhan perusahaan di Asia Pasifik karena memberikan kontribusi signifikan bagi Grup Zurich.

"Dengan menggabungkan keunggulan kami, kami berada di posisi yang tepat untuk menawarkan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan ritel dan korporasi kami. Jaringan Adira yang luas dan relasinya dengan pelanggan yang kuat akan melengkapi jejak global dan keahlian underwriting Zurich," katanya.


Seperti diberitakan sebelumnya, akuisisi ini dilakukan dengan mengakuisisi 70% kepemilikan Danamon dan 10% kepemilikan saham pemegang saham minoritas. Nilai transaksi akuisisi ini dilaporkan mencapai US$ 414 juta, atau sekitar Rp 6,15 triliun.

Jack Howell mengatakan akuisisi atau transaksi ini mencakup dua perjanjian distribusi jangka panjang, masing-masing dengan Bank Danamon dan Adira Finance. Adapun dalam perjanjian ini, Bank Danamon tetap menjadi pemegang saham minoritas di Asuransi Adira.

Country Manager Zurich Indonesia sekaligus President Director PT Zurich Topas Life, Chris Bendl menyampaikan, akuisisi ini telah sejalan dengan strategi pertumbuhan Zurich di Indonesia.

"Melalui Adira dan bisnis Zurich lainnya termasuk bisnis asuransi jiwa kami, Zurich berkomitmen untuk membantu nasabah dalam mengelola risiko dan mewujudkan kesuksesan finansial jangka panjang," jelas Chris.



(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading