Ciputra Tutup Usia, Begini Penjelasan Keluarga

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
27 November 2019 13:19
Namun pihak keluarga tidak memberikan penjelasan rinci terkait penyakit yang diderita Ciputra.
Jakarta, CNBC Indonesia - Keluarga Ciputra menyampaikan meninggalnya Dr. (HC) Ir. Ciputra, Chairman dan Founder Grup Ciputra, di Singapura, pada Rabu, 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapura karena sakit yang dideritanya. Namun pihak keluarga tidak memberikan penjelasan rinci terkait penyakit yang diderita Ciputra.

"Kami sangat kehilangan sosok ayah, kakek, dan pimpinan yang menjadi suri teladan bagi keluarga dan keluarga besar dari Grup Ciputra," kata Rina Ciputra Sastrawinata, putri pertama Ciputra melalui siaran pers yang diterima CNBC Indonesia di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Rina mengatakan, Ciputra meninggal dunia setelah mendapat perawatan akibat sakit yang dideritanya di Singapura. Pihak keluarga saat ini sedang dalam proses untuk memulangkan jenazah almarhum dari Singapura.

Ciputra meninggal dalam usia 88 tahun, yang merupakan anak bungsu dari tujuh bersaudara, lahir di Parigi, 24 Agustus 1931 dari keluarga sederhana.


Rina mengisahkan, dalam usia 12 tahun, Ciputra sudah harus mandiri, setelah ayahnya ditangkap oleh tentara penjajah. Ciputra meninggalkan istri, 4 anak, 4 menantu, 10 cucu, 4 cucu menantu, dan 7 cicit.

Semasa hidupnya, lanjut Rina, Ciputra dikenal sebagai sosok pekerja keras, sederhana, dan sangat entrepreneurial. "Almarhum selalu menekankan kepada keluarganya untuk mengutamakan kejujuran dan integritas yang kemudian diterapkan dalam menjalankan bisnis Grup Ciputra, yakni berdasarkan tiga pilar filosofi yaitu Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship," tambah Rina.

Ciputra juga punya cita-cita menciptakan lebih banyak entrepreneur di Indonesia, yakni generasi muda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dengan cara mengubah 'sampah dan rongsokan menjadi emas'.

Atas prestasinya, Ciputra mendapatkan penghargaan dari Presiden Republik Indonesia antara lain Tanda Kehormatan Satyalencana dalam bidang Pembangunan, Tanda Kehormatan Satyalencana Kebaktian Sosial, dan Tanda Kehormatan Satyalencana Pembangunan dalam Pengembangan KUD & Pengusaha Kecil.

Ada 80 penghargaan yang diterima Ciputra sepanjang hidupnya, dari berbagai institusi nasional dan internasional lainnya. "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan dukungan sekaligus doa kepada beliau dan keluarga." demikian pesan penutup dari CEO Grup Ciputra, Candra Ciputra.


(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading