Asing Masuk, Saham Ciputra Development Melesat 27% Setahun

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
27 November 2019 10:07
Asing Masuk, Saham Ciputra Development Melesat 27% Setahun

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham emiten properti Grup Ciputra, PT Ciputra Development Tbk (CTRA) terpantau menguat pada perdagangan pagi ini Rabu (27/11/2019). Hingga pukul 09.30 WIB, saham CTRA ditransaksikan di level Rp 1.025/saham, menguat 0,99%.

Mengacu data Bursa Efek Indonesia (BEI), kinerja saham perusahaan yang didirikan oleh pengusaha properti Ir Ciputra ini, dalam sebulan terakhir, sudah menguat 1,45%. Sedangkan dalam setahun terakhir, harga saham CTRA menguat cukup signifikan, 26,71%.

Pada periode sepanjang tahun berjalan atau year to date, pelaku pasar asing melakukan aksi beli bersih (net buy) sebesar Rp 427,71 miliar di seluruh pasar. Saat ini, nilai kapitalisasi pasar Ciputra di BEI mencapai Rp 18,93 triliun. Setahun terakhir, asing masuk Rp 429,88 miliar di pasar reguler.



Grup usaha Ciputra mulai mencatatkan saham perdananya (go public) pada tahun 1994, dengan perusahaan induk PT Ciputra Development Tbk, serta dua anak perusahaan PT Ciputra Surya Tbk, dan PT Ciputra Property Tbk.

Situs resmi perusahaan mencatat, pada tahun 1999, Ciputra Surya melakukan melakukan penawaran umum perdana pada BEI dan selanjutnya Ciputra Property menyusul pada tahun 2007. Pada tahun 2016, Ciputra Surya kembali bergabung dengan induk, Ciputra Development.


Pagi ini, kabar duka datang dari tokoh senior properti, Ciputra meninggal dunia di usia ke-88. Informasi ini disampaikan Corporate Communication Ciputra Group:

"Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 1:05 waktu Singapura."

"Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini," kata Tulus Santoso Brotosiswoyo Direktur Independen Ciputra Development kepada CNBC Indonesia, Rabu (27/11/2019).

Ciputra beserta keluarganya membangun Ciputra Group di tahun 1981. Kini Ciputra Group telah menjadi salah satu pengembang Indonesia yang paling terdiversifikasi dari segi produk, lokasi dan segmen pasar.


Potret Ciputra dari Masa ke Masa

[Gambas:Video CNBC]

 

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading