Wow! Debut Alibaba di Bursa Hong Kong Ditandai Kenaikan 7%

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
26 November 2019 11:39
Wow! Debut Alibaba di Bursa Hong Kong Ditandai Kenaikan 7%
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham Alibaba Group mencatatkan debut yang mengesankan pada hari pertama ditrasanksikan. Saham Alibaba diperdagangkan naik 7,7% menjadi HK$ 189,50 dalam debut mereka di Bursa Hong Kong, Selasa (26/11/2019). Akibatnya, indeks Hang Seng Hong Kong di mana saham Alibaba terdaftar, naik 0,67% pada awal perdagangan.

Menanggapi hal ini, CEO Alibaba Daniel Zhang pun menyatakan kepuasannya. "Terima kasih Hong Kong dan terima kasih HKEX (Bursa Hong Kong). Reformasi Anda dalam beberapa tahun terakhir telah memungkinkan kami untuk menyadari apa yang kami lewatkan lima tahun lalu," kata Zhang, seperti dikutip dari Deal Street Asia.

Alibaba baru melakukan secondary listing atau mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO) di Bursa Hong Kong. Sebelumnya pada 2014 perusahaan sudah tercatat atau listing di New York Stock Exchange (NYSE).

Dalam secondary listing di Bursa Hong Kong, Alibaba telah mengumpulkan setidaknya US$ 11,3 miliar atau sekitar Rp 158 triliun (estimasi kurs Rp 14.000/dolar). Apabila opsi penjatahan (greenshoes) dilakukan, perusahaan diperkirakan akan meraup sekitar US$ 12,9 miliar.


Namun begitu, listing sekunder Alibaba di Hong Kong telah menjadi penawaran terbesar di dunia sejauh ini pada tahun 2019.

Seperti diberitakan Reuters sebelumnya, Alibaba pada awalnya berencana menerbitkan 500 juta saham biasa baru pada secondary listing tersebut. Namun perusahaan juga menyediakan opsi greenshoe, yang memungkinkan bank penjamin menjual 75 juta saham tambahan.

Dalam istilah pasar modal, greenshoe atau opsi penjatahan lebih alias over allotment option lazim dilakukan emiten guna menstabilkan harga saham. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading