Internasional

Sejam Digelar, Penjualan Single's Day Alibaba Capai Rp 168 T

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
11 November 2019 13:17
Sejam Digelar, Penjualan Single's Day Alibaba Capai Rp 168 T Foto: Reuters
Jakarta, CNBC Indonesia - Alibaba Group Holding Inc berhasil memperoleh penjualan sebanyak 84 miliar yuan atau US$ 12 miliar dalam satu jam pertama acara belanja tahunan Singles' Day yang digelar hari ini, Senin (11/11/2019). Jumlah itu setara dengan sekitar Rp 168 triliun (estimasi kurs Rp 14.000/dolar).

"Penjualan mencapai angka US$ 1 miliar pada menit dan delapan detik pertama," kata Alibaba, seperti dikutip Reuters.


Angka penjualan ini naik 22% dari penjualan di jam pertama tahun lalu yang sebesar 69 miliar yuan.

Acara belanja tahunan Singles' Day telah dipromosikan oleh Ketua dan CEO Alibaba Daniel Zhang sejak 2009. Kini, acara yang juga dikenal sebagai 'Double Eleven' ini telah berkembang pesat menjadi acara penjualan online terbesar di dunia.

Dalam sehari penjualan di Singles' Day tahun lalu, Alibaba berhasil memperoleh penjualan senilai US$ 30 miliar. Namun, pada saat itu pertumbuhan penjualan hanya 27%, terendah dalam 10 tahun acara tersebut digelar.

Alibaba yang saat ini bernilai sekitar US$ 486 miliar, memeriahkan festival tahun ini dengan menggaet bintang internasional Taylor Swift dan selebriti lokal seperti Jackson Yee. Raksasa e-commerce China itu terus berupaya untuk memperoleh tambahan jumlah pelanggan.




Alibaba mengatakan pihaknya mengharapkan akan ada lebih dari 500 juta pengguna yang akan turut berpartisipasi dalam festival belanja tahun ini. Jumlah itu sekitar 100 juta orang lebih banyak dari tahun lalu.

Ini adalah kali pertama acara Singles' Day Alibaba digelar tanpa dipimpin oleh pendirinya, Jack Ma. Seperti diketahui, Ma telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pimpinan perusahaan pada bulan September.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading