Tiga Pelajaran Utama dari Jack Ma Untuk Bisa Sukses

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 September 2019 08:00
Ini tips sukses Ala Jack Ma
Jakarta, CNBC Indonesia - Pendiri Alibaba Jack Ma berulang tahun yang ke-55 tahun pada hari Selasa (10/9/19). Pada hari itu juga Ma mengundurkan diri dari jabatannya sebagai chief executive raksasa e-commerce yang sudah ia dirikan dan pimpin selama 20 tahun terakhir.

Peran Ma sebagai chief executive akan digantikan oleh Daniel Zhang.

Menurut laporan World Economic Forum (WEF), Ma yang dulunya bekerja sebagai guru bahasa Inggris itu mendirikan Alibaba pada tahun 1999 di apartemen satu kamarnya di kota Hangzhou, China. Perusahaan kecil itu kini tumbuh menjadi perusahaan internasional dan memiliki valuasi senilai US$ 480 miliar.



Pengunduran diri Ma ini telah diumumkan sejak tepat setahun lalu. Saat itu, dalam sepucuk surat kepada karyawannya, Ma mengatakan dia ingin kembali mengajar.

"Saya masih memiliki banyak impian untuk dikejar... Saya ingin kembali ke pendidikan, yang menggairahkan saya dengan begitu banyak berkah karena inilah yang Saya suka untuk lakukan." Katanya.


Saat itu, Ma juga menyampaikan beberapa hal penting yang membantunya membangun kesuksesannya saat ini. Berikut adalah beberapa pelajaran penting dari Ma.

Pekerjaan Pertama Adalah yang Paling Penting

Ma menyebut pekerjaan pertama adalah sesuatu yang sangat penting sehingga harus ditekuni. Ia mengatakan seseorang harus mengambil pelajaran dari pekerjaan pertamanya agar bisa berkembang dan sukses.

"Ketika Anda lulus dan sedang mencari pekerjaan, pekerjaan pertama adalah yang paling penting. Bukan berarti harus bekerja di perusahaan yang memiliki nama besar. Anda justru harus menemukan bos yang baik yang dapat mengajari Anda cara menjadi manusia, cara melakukan hal-hal yang benar dan bekerja untuk setidaknya selama tiga tahun." katanya di Forum Ekonomi Dunia di Davos awal tahun ini.

BERLANJUT KE HAL 2..
Tiga Pelajaran Utama Jack Ma untuk Bisa Sukses
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading