Awas Tertipu, Simak Tips Aman Belanja Online

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
11 November 2021 16:05
Ilustrasi toko online. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Berbelanja online kini sudah menjadi pilihan oleh para masyarakat, terutama sejak pandemi Covid-19 tahun lalu.

Ditambah ketika ada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), termasuk 11 November alias 11.11, yang tentunya ramai dengan promo diskon, sehingga meningkatkan minat belanja online masyarakat.

Namun, di balik kemudahan belanja online, ternyata ada saja yang memanfaatkan untuk melakukan kejahatan, mulai dari penjualan barang palsu, hingga penipuan barang yang dipesan tapi tidak sampai ke pembeli.


Untuk itu, perlu kewaspadaan saat Anda belanja online. Berikut adalah tips yang wajib dipahami saat berbelanja online, mengutip berbagai sumber:

- Belanja pada situs yang terpercaya

Waspada dengan ancaman malware dan peretasan dengan promo diskon besar-besaran dan cenderung tidak masuk akal.

Biasanya, alamat situs yang dipakai akan terasa asing dan tidak familiar.

Jangan tergoda dengan hal ini dan pastikan hanya berbelanja di situs yang sudah dikenal.


- Pilih aplikasi berkredibilitas tinggi

Saat akan mencari promo di 11.11 gunakanlah aplikasi yang terpercaya untuk melakukan semua transaksi belanja. Pastikan keamanannya sebelum mengunduh atau membukanya untuk berbelanja dan melakukan pembayaran.


- Jangan tergiur dengan penawaran tak masuk akal

Setiap toko online selalu memiliki berbagai penawaran yang sangat menggiurkan. Tak hanya itu, banyak juga toko yang memberikan harga rendah yang tidak masuk akal. Kalau Anda menemukan toko yang seperti ini, tentu perlu dipertanyakan.

Anda harus pastikan apakah benar barang tersebut bisa berfungsi dengan baik, serta tanyakan bagaimana proses pengembaliannya kalau barang yang sampai dalam keadaan rusak.


- Mengenal toko online dengan baik

Sebelum berbelanja, pastikan toko yang ingin Anda beli adalah toko yang terpercaya. Untuk lebih aman, Anda bisa juga berbelanja di toko orang yang sudah dikenal sebelumnya.

Kalau Anda tidak tahu tokonya, Anda perlu lakukan pemeriksaan latar belakang toko. Anda bisa melihat ulasan dari para pembeli sebelumnya.


- Waspada dengan ancaman phising (pengelabuan)

Jangan bertindak gegabah dengan meng-klik apa pun di pop up window atau email yang mencurigakan. Sebab, hal tersebut bisa saja jebakan phising.

Pastikan untuk tidak memasukkan data sensitif apapun, khususnya yang berhubungan dengan informasi keuangan di laman yang mencurigakan itu.


- Baca syarat dan ketentuan

Beberapa toko online juga menawarkan voucher dan hadiah yang bisa Anda dapatkan. Namun, tentunya ada berbagai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Anda perlu pastikan apakah voucher yang diberikan adalah voucher yang sah dari toko tersebut. Selanjutnya, baca dengan teliti persyaratan yang diajukan oleh toko agar tidak keliru bahkan merasa dirugikan.


[Gambas:Video CNBC]

(wia)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading