Erick Tunjuk Edwin Hidayat Jadi Wadirut Angkasa Pura II

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 November 2019 15:18
Erick Tunjuk Edwin Hidayat Jadi Wadirut Angkasa Pura II
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri BUMN Erick Thohir menugaskan Edwin Hidayat Abdullah sebagai Wakil Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) mulai Rabu 20 November 2019 dalam program perampingan eselon I di tubuh Kementerian BUMN.

Sebelumnya, Edwin Hidayat menjabat sebagai Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN.

Pengukuhan Edwin sebagai Wadirut AP II ini ddilakukan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-271/MBU/11/2019 dan pelantikan Edwin dilakukan pada Rabu ini di Kantor Kementerian BUMN.

"Bergabungnya Bapak Edwin Hidayat akan semakin memperkuat Angkasa Pura II dari sisi manajerial sehingga dapat mempercepat pengembangan konektivitas udara melalui bandara-bandara perseroan," kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin, dalam siaran pers dikutip CNBC Indonesia, Rabu ini.


Awaluddin menuturkan, Edwin juga akan membantu para stakeholder dalam mewujudkan Holding BUMN penerbangan yang saat ini tengah dibahas.


Sebagai informasi, Edwin menamatkan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada pada tahun 1995, dan memperoleh gelar Master of Public Management dari National University of Singapore (Lee Kuan Yew Fellowship Programme di LKYSPP, NUS dan Kennedy School of Government, Harvard University) pada tahun 2004-2005.

Mengawali karier sebagai Research Assistant Program Pascasarjana UGM pada 1993, Edwin kemudian bergabung dengan Industrial Bank of Japan - Indonesia pada 1996, lalu kemudian World Foos Programme - United Nations pada 1998.

Edwin lalu berkarier di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (1999) dan kemudian sejumlah perseroan swasta dan BUMN, hingga pada Juli 2015 bergabung dengan Kementerian BUMN.


Dengan masuknya Edwin Hidayat ke dalam jajaran Direksi perusahaan, maka struktur Dewan Direksi AP II adalah sebagai berikut:

Direktur Utama - Muhammad Awaluddin
Wakil Direktur Utama - Edwin Hidayat Abdullah
Direktur Teknik - Djoko Murjatmodjo
Direktur Komersial - Daan Achmad
Direktur Operasi & Pelayanan - Ituk Herarindri
Direktur Keuangan - Bayu Rafisukmawan
Direktur Transformasi dan Portfolio Strategis - Armand Hermawan
Direktur Human Capital - Ajar Setiadi


AP II juga salah satu BUMN yang kerapkali menerbitkan obligasi di pasar modal Indonesia. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat, beberapa kali perusahaan BUMN pengelola bandara di Tanah Air ini menerbitkan obligasi.

Tahun depan, ada obligasi AP II tahun 2016 Seri A yang jatuh tempo pada 30 Juni 2021 sebesar Rp 1 triliun.

AP II saat ini mengelola 16 bandara, di antaranya Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Thaha (Jambi), Kertajati (Jawa Barat), dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Simak gebrakan Erick Thohir

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading