Waduh! Nabung di Bank Ini, Bukan Untung Malah Buntung

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
19 November 2019 21:06
Waduh! Nabung di Bank Ini, Bukan Untung Malah Buntung
Jakarta, CNBC Indonesia - Salah satu bank di Jerman sedang jadi perbincangan di setelah menetapkan bunga negatif bagi para nasabah dan pertama di kawasan Uni Eropa. Ini menjadi peluru baru untuk menyerang Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) atas kebijakan suku bunga negatifnya.

Bank koperasi Raiffeisen yang terletak di Fuerstenfeldbruck, dekat Munich, menetapkan bunga -0,5% pada batasan terkecil rekening tabungan, seperti yang ditampilkan dalam websitenya, dikutip dari AFP.

Rafiffeinsen mengikuti langkah ECB yang memungut biaya bagi para deposan yang menyimpan uang dalam jumlah tertentu. Ini merupakan keputusan Gubernur ECB Mario Draghi yang diambil pada September lalu.

Setelah Draghi membuat kebijakan tersebut, ia mendapatkan julukan "Count Draghila" dari harian Bild, yang menggambarkan ekonom Italia dengan taring vampir "menyedot rekening kita kering".


Faktanya, jumlah simpanan di bank Jerman sampai saat ini telah menyusut setelah adanya kebijakan suku bunga negatif kepada deposan yang punya tabungan lebih 100.000 euro, seperti dikutip Verivox, salah satu website perbandingan harga.

Bank-bank Jerman paling terpukul setelah ECB menerapkan suku bunga negatif. Banyak penabung menarik tumpukan uang mereka di rekening bank dan mencari investasi yang lebih menguntungkan.

"Margin kami semakin kecil setiap saat," kata Presiden Bank Bavarian Sparkasse, Ulrich Netzer, kepada kantor berita DPA, Selasa.

(hps/hoi)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading