Chandra Hamzah Jadi Bos Bank BUMN, Saham BMRI & BBTN Naik

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
18 November 2019 14:43
Chandra Hamzah Jadi Bos Bank BUMN, Saham BMRI & BBTN Naik

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham dua bank BUMN, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dan PT Bank Mandiri Tbk menguat pada perdagangan sesi II, Senin (18/11/2019) di tengah informasi soal Chandra Hamzah, mantan petinggi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dikabarkan menjadi petinggi bank BUMN.

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pada pukul 14.32 WIB, saham BBTN  naik 2,08% di level Rp 1.960/saham dengan net sell Rp 27.09 miliar, saham BMRI naik 0,72% di level Rp 7.000/saham dengan catatan net sell asing Rp 26,05 miliar.

Chandra Hamzah
 memang menjadi nama terbaru yang dipanggil Menteri BUMN Erick Thohir untuk datang ke kantornya. Chandra datang pada Senin (18/11/2019) pagi, ke kantor yang berlokasi di Medan Merdeka Selatan itu.


Sebelumnya ada mantan Gubernur DKI Jakarta Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama (BTP). Ia diundang Erick untuk membicarakan BUMN secara menyeluruh. Usai pertemuan, Ahok mengatakan siap membantu BUMN meski belum tau akan ditempatkan di posisi apa.


Sama seperti Ahok, Chandra Hamzah juga mengaku kedatangannya baru membicarakan hal yang bersifat general. Dalam pembicaraan selama 2 jam bersama Erick Thohir itu, Chandra mengaku berbicara mengenai peningkatan integritas BUMN yang belakangan dinilai lemah. Salah satu yang menjadi sorotan adalah beberapa korupsi di lingkungan BUMN.

Namun Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, Chandra Hamzah dipastikan menjadi bos BUMN sektor perbankan.

"Beliau [Chandra Hamzah] akan mengisi salah satu posisi BUMN. Tadi kan ada isu Staf Khusus, tidak, dia akan ditempatkan di BUMN. Tadi saya bilang perbankan. Bulan Desember akhir pak Chandra akan ada di jajaran kepengurusan BUMN," kata Arya di Kantornya, Senin (18/11/2019).


Arya menambahkan, Kementerian BUMN akan terus mengundang tokoh yang memiliki rekam jejak positif untuk mengisi posisi pimpinan di BUMN. "Agar kepercayaan publik meningkat," katanya.

"Seperti yang saya sampaikan akan banyak orang-orang dan tokoh yang akan memperkuat BUMN di Indonesia. Ini untuk membangun kepercayaan publik," terangnya.

Posisi BUMN perbankan yang tidak memiliki Direktur Utama saat ini adalah Bank Mandiri dan BTN. Kabar beredar, Bank Mandiri akan diisi oleh internal di mana nama yang beredar seperti Royke Tumilaar. Apakah Chandra Hamzah akan mengisi kursi bos BTN?

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BBTN akan digelar pada Rabu 27 November mendatang setelah mendapatkan persetujuan dari Menteri BUMN Erick Thohir. RUPSLB ini diundur dari semestinya digelar 11 November 2019.

Awal September lalu, hasil RUPSLB BTN sempat menunjuk Suprajarto menjadi dirut BTN. Namun Suprajarto, eks Dirut Bank Rakyat Indonesia, langsung mengundurkan diri dan pelaksana tugas sementara Dirut BTN dijabat Oni Febriarto. Beberapa nama yang beredar mengisi jabatan dirut BTN adalah Pahala Mansury dan Nixon Napitupulu.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading