AUM Melesat, Ini Strategi BNI Asset Genjot Reksa Dana

Market - Syarifa Rahma & Monica Wareza, CNBC Indonesia
13 November 2019 16:22
AUM Melesat, Ini Strategi BNI Asset Genjot Reksa Dana

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT BNI Asset Management (BNI-AM) menyebutkan sejumlah strategi digiatkan sehingga dana kelolaan atau asset under management (AUM) alias Nilai Aktiva Bersih (NAB) perusahaan tumbuh signifikan hingga saat ini dari akhir tahun lalu.

Direktur Utama BNI-AM Reita Farianti mengatakan perusahaan yang dipimpinnya banyak bekerjasama dengan institusi sebagai investornya. Sebagian besar dari AUM perusahaan atau mencapai Rp 20 triliun berasal dari kanal ini.

"Kalau hal dana kelolaan dari Rp 23 triliun, Rp 20 triliunan datang dari institusi client kita direct selling ke situ," kata Reita di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (13/11/2019).




Selain itu, menurut Reita, BNI-AM juga banyak menjalin kerja sama dengan Agen Penjual Reksa Dana (APERD) untuk menggenjot jumlah investor yang lebih besar lagi.

Salah satu yang diajak kerja sama dengan BNI-AM ialah perusahaan fintech sebagai APERD yakni PT Bibit Tumbuh Bersama atau aplikasi investasi reksa dana Bibit.

Seperti diketahui, menurut data yang dihimpun Tim Riset CNBC Indonesia, AUM reksa dana secara industri naik Rp 37,82 triliun menjadi Rp 543,21 triliun per akhir September 2019 dari akhir tahun 2018.

Kenaikan tersebut terutama disebabkan adanya kenaikan nilai portofolio investasi di dalam reksa dananya maupun dari pembelian unit baru reksa dana yang mereka kelola.

Dari sisi nilai, kenaikan dana kelolaan reksa dana terbesar dialami oleh BNI Asset Management sebesar Rp 6,27 triliun atau melesat 41,01% dari posisi Desember 2018.





 

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading