Internasional

Fokus Kampanye, Trump Tunda Kenaikan Tarif Barang Eropa

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
12 November 2019 14:09
Fokus Kampanye, Trump Tunda Kenaikan Tarif Barang Eropa
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diperkirakan akan menunda kembali waktu untuk memutuskan, apakah akan mengenakan tarif pada impor mobil Uni Eropa atau tidak.

Kabar itu dilaporkan oleh media Politico pada hari Senin (11/11/2019), mengutip seorang sumber yang mengetahui tentang keputusan tersebut.


Awalnya pemerintahan Trump memiliki sisa waktu hingga Rabu besok untuk memutuskan apakah akan menerapkan tarif impor pada mobil dan suku cadang mobil dari Eropa.


Sebelumnya, penetapan itu telah ditunda sejak bulan Mei, bertepatan dengan saat Trump mengutus Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer untuk mengusahakan perjanjian dagang dengan Uni Eropa (UE) dan Jepang.

Mengutip CNBC International, tertundanya pengenaan tarif impor ini terjadi karena Trump ingin fokus pada Pemilihan Presiden AS 2020.

Sumber tersebut mengatakan kemungkinan Trump baru akan memuat keputusan soal tarif enam bulan mendatang.


Masalah tarif otomotif sudah mencuat sejak tahun 2018. Trump mengancam akan menjatuhkan bea masuk sekitar 25% pada kendaraan impor dan suku cadang mobil atas dasar keamanan nasional.

Ancaman ini ia berikan jika negaranya gagal menghasilkan kesepakatan perdagangan dengan UE.

"Kami sedang bernegosiasi. Jika kami tidak mencapai kesepakatan, kami akan berlakukan tarif," tegas Trump kepada wartawan pada awal tahun ini, mengutip AFP.

[Gambas:Video CNBC]



(sef/sef)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading