Disetujui OJK, Hanson Komitmen Lunasi Pinjaman Individu

Market - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
08 November 2019 17:45
Disetujui OJK, Hanson Komitmen Lunasi Pinjaman Individu Foto: Konferensi Pers PT. Hanson International Tbk (Rahajaeng Kusumo)
Jakarta, CNBC Indonesia- PT Hanson International Tbk (MYRX) akan melunasi pinjaman individual dengan nilai sekitar Rp 2,5 triliun hingga Oktober 2020. Satgas Waspada Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun sudah menyetujui opsi yang diajukan perseroan. 

Direktur Hanson Rony Agung Susena mengatakan sebelumnya Satgas Waspada Investasi mengharuskan perusahaan melunasi pinjaman tersebut pada Desember 2019. Namun permintaan Satgas menurut Rony terlalu berat bagi perusahaan, apalagi masih ada yang jatuh tempo pada Oktober 2020.

"Kan tidak sesuai perjanjian, ada yang jatuh tempo pada Oktober 2020, masa kami harus melunasi serta bunga-bunganya," kata Rony kepada wartawan, Jumat (08/11/2019).




Rony mengatakan ada tiga opsi pelunasan yang diajukan oleh perusahaan. Pertama, menjual aset perusahaan baik dalam bentuk anak usaha ataupun aset lainnya. Sayangnya opsi ini tidak bisa dilakukan secara cepat.

Kedua, konsolidasi dari sejumlah perusahaan yang dimilikinya. Ketiga melunasi sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

"Agak berat, tapi kami harus bertanggung jawab. Sampai Oktober 2020 itu terakhir kami bayarkan ke individu," katanya.

Rony menegaskan perusahaan telah menghentikan kegiatan utang piutang ini, dan memastikan tidak ada korban yang gagal bayar dari aktivitas ini. Dia juga mengatakan pinjaman ini bukan berupa deposito, dan tidak bisa dipindahtangankan.

"Belum ada korban yang dianggap ini investasi ilegal atau bodong. Ini adalah pinjaman antar individu dalam jangka waktu pendek. Kami sudah klarifikasi dan kami patuh terhadap perundang-undangan pasar modal," katanya.




Semua dana pinjaman tersebut menurut dia digunakan untuk akuisisi lahan sekitar 1.500 hektar. Dalam tiga tahun terakhir pun return of investment di Maja, Banten bisa mencapai 10 kali lipat.

[Gambas:Video CNBC]


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading