Ada ACES, EXCL, dan saham lain

Ini Saham-saham Baru Penghuni Indeks MSCI Indonesia!

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
08 November 2019 08:37
Ini Saham-saham Baru Penghuni Indeks MSCI Indonesia!
Jakarta, CNBC Indonesia -Pagi ini, secara resmi perusahaan global yang 'memproduksi' indeks yaitu MSCI Inc sudah mengumumkan beberapa hasil kajian termutakhir beberapa indeks mereka, termasuk MSCI Indonesia.

Sejak kemarin, pengumuman penghuni baru MSCI Indonesia ini sudah ditunggu-tunggu pasar, yang terdiri dari MSCI Global Indonesia Index dan MSCI Small Cap Indonesia Index. Masuknya saham-saham ke dua indeks tersebut dapat membuatnya masuk ke dalam radar investor global.

Dua saham yaitu saham peritel perkakas PT Ace Hardware Tbk (ACES) dan operator ponsel unggulan (blue chips) PT XL Axiata Tbk (EXCL) masuk menjadi konstituen baru dari MSCI Global Indonesia Index.


MSCI Inc, yang dulunya bernama Morgan Stanley Capital International dan MSCI Barra, adalah pembuat indeks dari mulai pasar saham, pasar obligasi, pasar hedge fund, dan perangkat analisis pasar keuangan lain.

Dari MSCI Small Cap Indonesia Index, ada enam saham lain yang didaftarkan menjadi penghuni baru. Keenam saham tersebut adalah peritel ponsel PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA), produsen batu bara PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), operator ponsel PT Indosat Tbk (ISAT), dan perusahaan properti PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO).

Perusahaan lainnya adalah produsen spare part otomotif PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM) dan holding media Grup Emtek PT Surya Citra Media Tbk (SCMA). Masuknya delapan saham itu akan efektif pada 26 November.

Meskipun penghitungan indeks baru efektif pada 26 November, sentimen positif individu saham yang baru masuk ke dua indeks bergengsi tersebut tentu dapat menyumbangkan tambahan katalis bagi pasar secara keseluruhan hari ini.

Namun, jangan lupa juga karena masuknya saham tersebut ke indesk utama juga dapat disikapi sebaliknya. Artinya, setelah menguat signifikan karena menjadi saham yang memiliki potensi masuk ke indeks MSCI, saham perseroan justru ditinggalkan karena keanggotaanya di dalam indeks sudah terealisasi.


SCMA Turun Kelas

Di sisi lain, ada yang masuk berarti harus ada yang keluar. SCMA justru menjadi saham yang keluar dari MSCI Global Indonesia Index tetapi langsung masuk ke MSCI Small Cap Indonesia Index. Dengan kata lain, saham milik konglomerasi keluarga Sariaatmadja tersebut turun kelas saja.

Sebaliknya, ACES justru naik kelas. Masuknya saham milik Grup Kawan Lama tersebut ke MSCI Global Indonesia Index membuatnya keluar dari MSCI Small Cap Indonesia Index.

Tiga saham lain yang dikeluarkan dari MSCI Small Cap Indonesia Index adalah produsen batu bara PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT), dan PT Inti Agri Resouces Tbk (IIKP).

Untuk saham-saham yang akan dikeluarkan dari indeks, tentu potensi penurunan jauh lebih besar dibandingkan dengan potensi naiknya karena pelaku pasar dapat berspekulasi bahwa sahamnya akan dijual investor dunia.


Saham baru
masuk MSCI Global Indonesia Index:
PT Ace Hardware Tbk (ACES)
PT XL Axiata Tbk (EXCL)


Saham baru keluar MSCI Global Indonesia Index:
PT Surya Citra Media Tbk (SCMA)


Saham baru masuk MSCI Small Cap Indonesia Index:
PT Surya Citra Media Tbk (SCMA)
PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA)
PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG)
PT Indosat Tbk (ISAT)
PT Rimo International Lestari Tbk (RIMO)
PT Selamat Sempurna Tbk (SMSM)


Saham baru keluar MSCI Small Cap Indonesia Index:
PT Ace Hardware Tbk (ACES)
PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID)
PT Eagle High Plantations Tbk (BWPT)
PT Inti Agri Resouces Tbk (IIKP)



TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading