Ekonomi RI Sedang Berat, Tengok Saja Kinerja Emiten Ritel

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
07 November 2019 14:32
Selain itu data permintaan domestik juga tercatat menununjukkan angka yang tak jauh berbeda.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tren perlambatan ekonomi Indonesia semakin nyata setelah Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III-2019 hanya tumbuh 5,02%. Selain itu data permintaan domestik juga tercatat menununjukkan angka yang tak jauh berbeda.

Kemarin (6/11/2019) Bank Indonesia (BI) merilis data penjualan ritel periode September 2019 yang tercatat hanya mampu tumbuh 0,7% year-on-year (YoY). Melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh 1,1% dan menjadi laju terlemah sejak Juni.

Sedangkan secara kuartalan, penjualan ritel pada kuartal kemarin tumbuh 1,4% YoY. Laju pertumbuhan kuartal III-2019 melemah dibandingkan kuartal sebelumnya yang berhasil naik 4,2% YoY dan juga lebih lambat dari kuartal III-2018 yang mampu tumbuh 4,6% YoY.




Meskipun demikian, BI memperkirakan bahwa pada Oktober penjualan ritel akan membaik ditopang oleh kelompok komoditas makanan, minuman, dan tembakau.

Di lain pihak, rilis data penjualan ritel BI menjadi penegas bahwa konsumsi masyarakat Indonesia memang melambat.

Hal ini dikarenakan sebelumnya BPS mencatat konsumsi rumah tangga penduduk Indonesia melambat, hanya tumbuh 5,01% YoY pada kuartal III-2019 dari sebelumnya tumbuh 5,17% YoY di kuartal II-2019. Ini menjadi laju terlemah sejak setahun lalu, tepatnya kuartal III-2018.

Berdasarkan tabel di bawah, perlambatan konsumsi rumah tangga terjadi hampir di seluruh aspek pengeluaran, terutama pakaian, alas kaki dan jasa perawatan.



Penurunan konsumsi rumah tangga tentu bukan berita baik bagi perekonomian Indonesia karena pos pengeluaran ini adalah kontributor utama pembentuk Produk Domestik Bruto (PDB), di mana pada kuartal kemarin kontribusinya mencapai 56,52%.

Lebih lanjut, penurunan penjualan ritel dan konsumsi rumah tangga secara tidak langsung juga tercermin dari kinerja perusahaan-perusahaan ritel. Mari tilik kinerjanya perusahaan-perusahaan ritel tersebut.
Kinerja Emiten Ritel Kurang Ciamik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading