SMI Rilis Obligasi Rp 2,8 T, Tenor 7 Tahun Kuponnya 8,3%

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
16 October 2019 15:18
PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menetapkan kupon obligasi tenor 7 tahun sebesar 8,3% per tahun.
Jakarta, CNBC Indonesia - BUMN pembiayaan infrastruktur PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menetapkan kupon obligasi tenor 7 tahun sebesar 8,3% per tahun.

Dalam keterbukaan informasi PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Rabu ini (16/10/19), disebutkan jumlah penerbitan efek bernama Obligasi Berkelanjutan II Tahap III/2019/Seri D tersebut ditetapkan Rp 945,25 miliar.

Obligasi seri tersebut menjadi efek dengan tenor terpanjang dari rangkaian penerbitan tahap III perseroan yang terdiri dari total empat seri.


Tiga seri lain yaitu Seri A bertenor setahun kuponnya ditetapkan 6,75% per tahun senilai Rp 654,5 miliar, Seri B tenor 3 tahun kuponnya 7,75% senilai Rp 727,5 miliar, dan Seri C tenor 5 tahun berkupon 7,95% senilai Rp 481 miliar.


Secara total, jumlah penerbitan serangkai obligasi itu adalah Rp 2,8 triliun.

Layaknya obligasi korporasi lain, seluruh kupon akan dibayarkan perusahaan secara 3 bulanan. Saat ini perseroan dipimpin oleh Edwin Syahruzad sebagai pelaksana tugas (plt) direktur utama. Edwin adalah mantan direktur dan head of debt capital market PT Danareksa Sekuritas sebelum akhirnya masuk ke SMI pada 2009.

Dalam penerbitan obligasi itu, perseroan masih menggunakan jasa enam perusahaan efek yang sama untuk menjadi penjamin emisi efek (underwriter) dalam emisi obligasi sebelumnya pada Agustus lalu.

Keenam sekuritas tersebut adalah PT BCA Sekuritas, PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, Danareksa Sekuritas, PT Indo Premier Sekuritas, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIM).


Untuk rangkaian emisi Obligasi Berkelanjutan II Tahap III/2019 tersebut, distribusi efek akan dilakukan pada 30 Oktober dan pencatatannya akan dilakukan di sistem bursa pada 31 Oktober.

Dalam penerbitan Agustus lalu, perusahaan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap II/2019 dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Tahap III/2019 senilai total Rp 5,09 triliun.




TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading