Sri Mulyani Idola Pelaku Pasar, Pantas Jadi Menkeu Lagi

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
15 October 2019 10:22
Sri Mulyani Idola Pelaku Pasar, Pantas Jadi Menkeu Lagi
Jakarta, CNBC Indonesia - Nama Sri Mulyani Indrawati tampaknya sangat populer di kalangan pelaku pasar domestik dan diusulkan untuk kembali menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo Jilid II.

Hal ini terungkap setelah CNBC Indonesia mencoba menanyakan kepada beberapa kepala riset perusahaan sekuritas. Nama Sri Mulyani selalu keluar saat ditanya figur yang pas untuk mengisi jabatan menteri yang mengurus masalah ekonomi.

Kepala Riset Divisi Ritel MNC Sekuritas Edwin Sebayang saat ditanya, langsung spontan menjawab, "Menkeu kandidat pilihan Ibu Dr Sri Mulyani atau Dr Chatib Basri."

Hal senada disampaikan oleh Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma yang menilai Sri Mulyani merupakan figur yang paling pas dan pantas untuk mengurusi keuangan negara.


"Saya lebih suka Bu SMI (Sri Mulyani Indrawati) tetap di Menkeu, ketimbang Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian)," kata Suria Dharma, di Jakarta, Selasa (15/10/2019).

Beberapa waktu lalu memang sempat beredar daftar susunan kabinet di kalangan pelaku pasar. Daftar tersebut menempatkan Sri Mulyani sebagai Menko Perekonomian.

Tak berhenti sampai di sana, keinginan pelaku pasar agar Sri Mulyani tetap menjadi Menteri Keuangan juga disampaikan Senior Vice President Royal Investium Sekuritas Jansen Nasrial.

"Yang paling penting itu Kementerian Keuangan, itu yang kami soroti. Jadi (menterinya) harus dipertahankan," ujar Jansen dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Senin (14/10/2019).

Jokowi sempat menyampaikan mengaku telah merampungkan merampungkan komposisi menteri-menteri di kabinetnya bersama Ma'ruf Amin. Jokowi masih mempertimbangkan lebih jauh apakah kabinet diumumkan di hari yang sama pada saat pelantikan di 20 Oktober 2019 atau sehari setelahnya.

Dari sejumlah sumber di istana yang diwawancarai CNBC Indonesia, nama Sri Mulyani memang disebut bakal bertahan sebagai Menteri Keuangan.
Menteri Keuangan Punya Peran Kunci di Jajaran Kabinet Jokowi
[Gambas:Video CNBC]
(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading