Belum Ada Logo Garuda di Sriwijaya Air, Ada Apa?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
03 October 2019 14:16
Hal ini berarti Risk Index masih berada dalam zona merah 4A (tidak dapat diterima dalam situasi yang ada)
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) belum akan memasang logo kembali di armada pesawat milik Sriwijaya Air Group hingga memastikan standar operasional maskapa penerbangan milik Chandra Lie ini sesuai dengan standar Garuda Indonesia.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askara mengatakan Garuda Indonesia Group terlebih dahulu akan memastikan tingkat keamanaan seluruh armada pesawat milik Sriwijaya memiliki standar seperti pesawat yang dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia.

"Kita liat kalau memang standar safety sudah seperti Garuda kita yakinkan 100% baru kita akan pasang lagi," kata Ari di Kementerian BUMN, Kamis (3/10/2019).

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu direktur Sriwijaya Indonesia memberikan rekomendasi agar Sriwijaya Air setop operasi. Diketahui bahwa ketersediaan tools, equipment, minimum spare dan jumlah qualified engineer yang ada ternyata tidak sesuai dengan laporan yang tertulis dalam kesepakatan yang dilaporkan kepada Dirjen Perhubungan Udara (DGCA) dan Menteri Perhubungan.


Kala itu ada bukti bahwa Sriwijaya Air belum berhasil melakukan kerja sama dengan JAS Engineering atau MRO (maintenance repair overhaul) lain terkait dukungan line maintenance.

Hal ini berarti Risk Index masih berada dalam zona merah 4A (tidak dapat diterima dalam situasi yang ada). Menurut Toto, situasi ini dapat dianggap bahwa Sriwijaya Air kurang serius terhadap kesempatan yang telah diberikan pemerintah untuk melakukan perbaikan.

Dengan melihat keterbatasan Direktorat Teknik Sriwijaya Air untuk meneruskan dan mempertahankan kelaikudaraan dengan baik, belum adanya laporan keuangan sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, dan temuan ramp check yang dilakukan oleh inspector DGCA, maka Toto menegaskan pemerintah sudah mempunyai cukup bukti dan alasan untuk menindak Sriwijaya Air setop operasi.
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading