4 BUMN Gotong Royong Selamatkan Jiwasraya

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
30 September 2019 18:12
Mayoritas salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan ini nantinya adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).
Jakarta, CNBC Indonesia - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebutkan empat perusahaan BUMN bakal masuk sebagai pemegang saham dari anak usaha PT Jiwasraya (Persero), yakni Jiwasraya Putra. Mayoritas salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan ini nantinya adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN).

Deputi Bidang Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi, dan Jasa Lain Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan empat perusahaan BUMN dan anak usahanya yang akan masuk sebagai pemegang saham antara lain BTN, PT Kereta Api Indonesia (KAI), PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dan PT Pegadaian (Persero).

"[Porsi kepemilikannya] Terbesar BTN 20% something, Telkomsel 13% sisanya yang lain. Trus yang Jiwasraya kan memasukkan 64% semua produk dia juga yang dalam anak usaha,:" kata Gatot di di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (30/9/2019).

Dia menjelaskan, berapa besar setoran para pemegang saham ini nantinya akan ditentukan oleh jenis produk yang akan dipasarkan oleh Jiwasraya Putra. Sementara, penentuan produk tersebut ditetapkan atas kajian yang dibuat oleh jasa aktuaria dari Milliman.


Tak hanya bertindak sebagai pemegang saham, empat perusahaan ini nantinya akan bertindak juga sebagai distributor dari produk-produk yang dijual oleh Jiwasraya Putra ini.

"Tergantung dari bisnis yang nanti akan dikembangkan, sesuai dengan kajian dari Milliman sudah disetujui oleh para direksi dan kita sudah mempertimbangkan semua produk yang ada ke depan apa saja nanti yang akan keluar angka berapa pasti pemegang saham," jelas dia.

Perlu diketahui, PT Jiwasraya Putra ini juga merupakan perusahaan asuransi yang dibentuk oleh PT Jiwasraya untuk memperbaiki likuiditas perusahaan, dalam bentuk produk asuransi jiwa dan unitlink.
Artikel Selanjutnya

OJK Pastikan akan Lindungi Nasabah & Industri Asuransi


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading