Sudah 2 Tahun Bank Mandiri Mau Setop Kredit ke Duniatex

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
14 September 2019 14:03
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengaku sudah sejak dua tahun yang lalu ingin keluar sebagai pemberi kredit untuk Duniatex. Apalagi saat ini, utang Duniatex tercatat sudah selesai lebih dari 50%.

"Sudah dua tahun ingin keluar dari Duniatex, ini lebih ke persoalan leverage perusahaan," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas, di badung, Bali, Jumat (13/9/2019).

Dia mencatat, saat ini sisa utang Duniatex ke Bank Mandiri hanya tinggal Rp 2,1 triliun. Angka ini sudah berkurang dibanding jumlah utang sebelumnya yang mencapai Rp 5,1 triliun.



"Dengan jaminan berupa aset berwujud, bukan tagihan, Bank Mandiri optimis penyelesaian utang Duniatex. Yang (utang) sindikasi biarlah menjadi urusan sindikasi," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan Duniatex masih terus menyelesaikan proses restrukturisasi pinjamannya ke Mandiri. Panji menilai coverage ratio atas agunan perusahaan ini juga terbilang tinggi di level 160%.

Rasio cakupan atau coverage ratio adalah rasio keuangan yang digunakan untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar liabilitasnya.

"Kita sudah turunkan outstanding pinjaman dari Rp 5,5 triliun jadi Rp 2,2 triliun. Coverage ratio bagus tapi sedang upayakan restrukturisasi. Intinya, Rp 3,3 triliun sudah dibayar. Sedang dalam proses restrukturisasi," ujarnya.



BERSAMBUNG KE HALAMAN 2>>>>>


(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading