Kisah Lain Habibie, Pemberi Nama Bank Mandiri

Market - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
13 September 2019 14:07
Kisah Lain Habibie, Pemberi Nama Bank Mandiri Foto: Infografis/Selamat Jalan B.J. Habibie/Edward Ricardo
Badung, CNBC Indonesia - Wafatnya Presiden ke-3 Indonesia, BJ Habibie meninggalkan sejuta cerita. Salah satunya datang dari Bank Mandiri yang namanya ternyata diberikan oleh Habibie.

"Beliau lah yang memberi nama dan beliau lah yang mengawal bank ini untuk menapak 21 tahun yang lalu," kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas di Badung, Bali, Kamis (12/9/2019).

Bank Mandiri lahir dari empat bank yang menjadi satu yaitu Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), Bank Bumi Daya (BBD), Bank Export Impor (Exim), dan Bank Dagang Negara (BDN). Kala itu, tepatnya tahun 1998, BJ Habibie rapat bersama Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), lembaga yang diiniasinya.



Dalam rapat tersebut, dirinya diminta untuk memberi nama yang cocok bagi bank yang baru terbentuk itu. Disebutlah Bank Mandiri saat itu.

"Dulu itu, kebanyakan bank yang kuat merupakan bank-bank asing. Karena itulah beliau berharap Bank Mandiri dapat menjadi institusi keuangan yang mandiri, mampu berpijak pada kakinya sendiri," imbuhnya menjelaskan apa makna Mandiri menurut Habibie.

Rabu (11/9/2019) Indonesia kehilangan satu lagi sosok yang berharga. Sebagai Presiden ke-3 RI, habibie banyak menorehkan prestasi dalam berbagai bidang.

"Peninggalan beliau banyak sekali, banyak hak paten beliau di bidang aerodinamika, semoga itu dapat terus menjadi kenangan bagi kita bank-bank di Indonesia bahwa seorang Habibie ternyata bisa berkiprah di dunia," tegasnya.

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading