Setelah Ophir, Medco Incar Blok Migas Mana Lagi?

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
11 September 2019 14:15
Setelah Ophir, Medco Incar Blok Migas Mana Lagi?

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah mengakuisisi Ophir Energy. Penggabungan bisnis ini juga menjadikan Medco Energi menjadi pelaku usaha minyak dan gas (migas) regional yang terkemuka di Asia Tenggara.

Lalu, setelah Ophir, siapa lagi yang menjadi target perusahaan?

Presiden Direktur MEDC Hilmi Panigoro menuturkan, Medco memiliki tim pengembangan bisnis yang sangat jeli untuk melihat peluang dan potensi eksplorasi maupun akusisi.


"Dari waktu ke waktu, mereka selalu keluar dengan nama-nama kandidat. Jadi, kandidat itu selalu ada, tapi sekali lagi, kalau ada kandidat akuisisi harus ada beberapa persyaratan yang dipenuhi," kata Hilmi dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, Rabu (11/9/2019).

Lebih lanjut, Hilmi menjelaskan, syarat yang dimaksud salah satunya terkait dengan keekonomian kandidat. Apabila tidak memberikan biaya yang relatif baik, maka kandidat tersebut tidak akan dilirik perusahaan.

"Saya tidak mau Medco akusisi yang eksplorasi dan pengembangannya mahal, atau di laut dalam, itu bukan bagian dari strategi kami," pungkas Hilmi.

Seperti diketahui, perusahaan baru saja mengakuisisi Ophir yang notabene memiliki banyak blok eksplorasi, maka Medco akan melakukan penyeimbangan.

Blok-blok eksplorasi yang risikonya tinggi kami jual atau kami kembalikan ke negara. Nah, North East Bangkanai ini salah satu yang menurut kami risikonya tinggi dan sudah selesai semua komitmennya, makanya kami kembalikan ke pemerintah," ujar Hilmi.

Namun, pihaknya juga masih mempertahankan blok-blok lain yang dinilai memiliki prospek yang bagus, seperti Blok Meliwis di Jawa Timur dan blok Bualuang di Thailand.

 




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading