Suprajarto Tolak Jadi Dirut BTN, Harga Saham BBTN Menghijau

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
30 August 2019 10:08
Suprajarto Tolak Jadi Dirut BTN, Harga Saham BBTN Menghijau
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) langsung menguat pada perdagangan sesi I pada Jumat ini (30/8/2019) di tengah 'gejolak' hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar bank tersebut kemarin.

Disebut 'gejolak' karena hasil RUPSLB yang memutuskan pergantian pucuk pimpinan Bank BTN ternyata tidak diterima oleh pejabat yang bersangkutan. Dalam RUPSLB kemarin, Maryono dicopot dari jabatan direktur utama dan digantikan oleh Suprajarto, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI).

Namun dalam konferensi pers malam harinya, Suprajarto tidak menerima hasil RUPSLB tersebut dan mengundurkan diri mengingat tidak ada pemberitahuan sebelumnya atas penunjukkan ini.



Data perdagangan pukul 10.00 WIB, harga saham BBTN naik 1,48% di level Rp 2.070/saham dengan nilai transaksi Rp 15,38 miliar dan volume perdagangan 7,46 juta saham.

Asing tercatat melakukan aksi jual bersih (net sell) sebesar Rp 646 juta dan dalam sebulan terakhir asing sudah keluar dari saham BBTN mencapai Rp 192 miliar di semua pasar. Secara year to date, saham BBTN juga masih minus hingga 19%.

Hingga kini pucuk pimpinan Bank BTN ini masih kosong setelah Suprajarto menegaskan tidak menerima keputusan RUPSLB tersebut kendati resminya Suprajarto menjadi Dirut BTN perlu melewati proses di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Suprajarto adalah Direktur Utama Bank BRI sejak 2017. Sebelumnya dia menjabat Wakil Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (2015 - 2017) dan Direktur Bidang Jaringan dan Layanan, Bank BRI 2007 - 2015).

Berikut jajaran direksi dan komisaris yang baru usai RUPSLB Bank BTN kemarin.

Susunan Direksi BTN :
Direktur Utama : Suprajarto
Direktur Commercial Banking : Oni Febriarto Rahardjo
Direktur Consumer Banking : Budi Satria
Direktur Compliance : R. Mahelan Prabantarikso
Direktur Collection, Aset Management : Elisabeth Novie
Direktur Distribution & Network : Dasuki Amsir
Direktur Strategic & Human Capital : Yossi Istanto
Direktur IT & Operation : Andi Nirwoto
Direktur Finance, Treasury & Strategy : Nixon L.P Napitupulu

Ada tambahan direksi yakni Direktur Collection, Aset Management Elisabeth Novie. Jabatan ini sebelumnya dirangkap oleh Nixon.

Susunan Komisaris BTN:

Komisaris Utama : Asmawi Syam
Komisaris : Iman Sugema
Komisaris : Eko Djoeli Heripoerwanto
Komisaris : Marwanto Harjowiryono
Komisaris Independen : Garuda Wiko
Komisaris Independen : Lucky Fathul Aziz Hadibrata
Komisaris Independen : Kamaruddin Sjam
Komisaris Independen : Arie Coerniadi

(tas/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading