Jelang RUPSLB, Asing Kabur Rp 1,2 M di Saham Bank BTN

Market - tahir saleh, CNBC Indonesia
29 August 2019 09:46
Jelang RUPSLB, Asing Kabur Rp 1,2 M di Saham Bank BTN

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor asing terus mengobral saham PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) seiring dengan angka net sell (jual bersih) asing pada awal perdagangan Kamis pagi ini (20/8/2019) yang mencapai Rp 1,20 miliar, jelang agenda Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) siang nanti.

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat, pada pukul 09.40 WIB, asing melepas Rp 1,20 miliar di pasar reguler dan sebulan terakhir sejak kabar perombakan direksi dan komisaris bank BUMN beredar, saham BBTN dilepas asing hingga Rp 187 miliar.

Bahkan sejak awal tahun hingga saat ini, asing keluar Rp 1,44 triliun di saham bank pelat merah ini.


Adapun saham BBTN masih minus 0,48% di level Rp 2.070/saham dan sebulan terakhir saham bank yang fokus pada KPR subsidi ini minus 14% dengan kapitalisasi pasar Rp 21,92 triliun.

Siang nanti, Bank BTN akan melaksanakan RUPSLB yang digelar pada pukul 14.00 WIB bertempat di Gedung Menara Bank BTN.

Sebetulnya ada tiga agenda dalam RUPSLB. Agenda pertama yakni evaluasi kinerja perseroan sampai dengan semester I-2019, agenda kedua yakni rencana pembelian saham perusahaan modal ventura secara bertahap. Agenda ketiga yakni pergantian susunan pengurus perusahaan.


"Mata acara ini merupakan usulan dari pemegang saham Seri A Dwiwarna berdasarkan surat Menteri BUMN Nomor S-727/MBU/S/07/2019 tanggal 09 Juli 2019 perihal Permintaan Penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa," tulis pengumuman manajemen Bank BTN di laman Bursa Efek Indonesia, 7 Agustus silam.

Agenda ketiga sempat menjadi polemik. Pasalnya pergantian pengurus tersebut merupakan usulan dari Menteri BUMN Rini Soemarno. Di publik, rencana ini mendapat banyak kritikan mengingat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya menitahkan kepada jajarannya untuk tidak mengambil kebijakan strategis sebelum pelantikan Presiden-Wakil Presiden Oktober mendatang.

Nama pengurus (direksi dan komisaris) Bank BTN yang akan diganti Rini pun sampai saat ini masih menjadi tanda tanya.

Simak Bank BTN siap rilis global bond.

(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading