Masih Byar Pet, Kapan Rasio Elektrifikasi RI 100%?

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
20 August 2019 09:28
Masih <i>Byar Pet</i>, Kapan Rasio Elektrifikasi RI 100%?
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah terus mengejar target rasio elektrifikasi, agar seluruh Indonesia dapat terlistriki. Sampai dengan Juli 2019, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat rasio elektrifikasi sudah 98,81%.
Kapan bisa 100%? Menteri ESDM Ignasius Jonan menuturkan, dirinya optimistis sampai dengan akhir 2020, Indonesia sudah bisa 100% terang.
"Harapan saya sih, dan Pak Presiden (Joko Widodo) juga minta, kalau bisa hampir 100% lah tahun ini, mudah-mudahan 99,5%. Ini dikejar terus, sehingga saya optimistis akhir 2020 sudah selesai. 100% seluruh Indonesia nikmati penerangan," ujar Jonan dalam wawancara dengan CNBC Indonesia, pekan lalu.
Di samping itu, Jonan juga mengakui, memang tantangan untuk melistriki seluruh Indonesia semakin berat. Ia menyebutkan, ada dua yang menjadi tantangan utama.
Pertama, daerah yang makin sulit terjangkau, sehingga dengan segala cara harus dilakukan. Kedua, ada masyarakat yang juga belum mampu membayar biaya sambung listrik.
"Jadi, untuk sambung aja mereka kurang mampu untuk bayar, itu kira-kira untuk sambung listrik yang 450 vA saja mungkin Rp 750 ribu, dan ada sekitar 600 ribu rumah tangga yang tidak mampu bayar. Ini yang harus diperjuangkan," pungkas Jonan.



(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading