Usai Ketemu Trump Jr, Saham Properti Hary Tanoe Ngacir

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
14 August 2019 14:54
Usai Ketemu Trump Jr, Saham Properti Hary Tanoe <i>Ngacir</i>
Jakarta, CNBC Indonesia - Memasuki sesi II perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), harga saham emiten properti asuhan Grup MNC, PT MNC Land Tbk (KPIG) melesat 18,52% ke level Rp 160/unit saham.

Peningkatan harga saham KPIG seiring dengan pengumuman perusahaan pada Rabu (13/8/2019) yang telah menyepakati kerja sama dengan Trump Organization untuk menggarap bisnis properti mewah di Lido, Jawa Barat, dan Bali dengan total nilai investasi menembus US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 23 triliun (asumsi kurs RP 14.000/US$)

Untuk diketahui, kemarin putra sulung Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Donald Trump Jr, berkunjung untuk membicarakan urusan bisnis dengan bos Grup MNC, Hary Tanoesodibjo (Hary Tanoe) di MNC Center.

Kesepakatan tersebut merupakan lanjutan dari perjanjian kerja sama manajemen antara KPIG dengan Trump Hotel Collection yang sebelumnya telah ditanda-tangani pada Agustus 2015 di New York.


Kerja sama pembangunan di Lido mencakup manajemen resor super mewah dengan 120 kamar, lapangan golf dan hunian eksklusif yang memiliki 258 unit vila serta 180 unit kondominium.

Sedangkan jalinan kerja sama di Bali termasuk perancangan ulang dan manajemen pengelolaan kawasan hunian eksklusif dan lapangan golf di pesisir pantai barat daya bali seluas 110 hektar.

Lebih lanjut, Hary Tanoe menegaskan bahwa kerja sama ini murni hubungan bisnis da tidak ada kaitannya dengan pemerintahan Presiden Trump.



Dari grafik di atas terlihat bahwa harga saham perusahaan mulai melejit pada akhir perdagangan sesi I, dan hingga berita ini dimuat emiten KPIG sudah diperdagangkan sebanyak 83,34 juta unit transaksi. Padahal rata-rata volume perdagangan perusahaan hanya 303.486 ribu unit.

Sebagai informasi, KPIG adalah anak usaha Grup MNC yang membukukan pertumbuhan laba paling tinggi dimana pada semester I-2019 laba bersih perusahaan berhasil melesat 55 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Hingga akhir Juni tahun ini, KPIG mampu mengantongi laba Rp 313,72 miliar, dari sebelumnya hanya Rp 5,7 miliar di semester I-2018.

TIM RISET CNBC INDONESIA (dwa/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading