Gubernur BI : Jerome Powell Mungkin Iri dengan Saya...

Market - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
09 August 2019 10:45
Perry menceritakan bagaimana hubungan antara bank sentral dengan pemerintah yang begitu 'mesra'.
Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menjadi salah satu pembicara dalam seminar nasional memperingati Hari Ulang Tahun Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (9/8/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Perry menceritakan bagaimana hubungan antara bank sentral dengan pemerintah yang begitu 'mesra' dalam upaya bersama dalam menggenjot perekonomian nasional.

"Berkaitan dengan sinergi memang betul telah menunjukkan bahwa enjoyed very much," kata Perry di Hotel Borobudur, Jakarta, pagi ini.


Perry bahkan menyebut, sejumlah petinggi bank sentral di negara-negara lain mungkin merasa iri dengannya. Pasalnya, kemesraan antara BI dan pemerintah tak seperti hubungan yang dialami bank sentral lain.

"Teman-teman saya, Jerome Powell [Gubernur The Fed, bank sentral AS], mungkin iri dengan saya. Mereka dikritik pemerintahannya. Kalau kita bisa dilihat, BI bagaimana mesranya antara pemerintah," jelasnya.

Meski demikian, mantan Deputi Gubernur BI itu menegaskan kemesraan BI dan pemerintah bukan berarti menjadikan bank sentral akan mengikuti instruksi atau arahan dari pemerintah. BI, tegas Perry, tetap independen.

"Tetapi tetap kami independen. Tapi kita sangat kuat hubungannya dengan pemerintah," tegas Perry.

Sebagai perbandingan, di AS, kerapkali Federal Reserve (The Fed) bersitegang dengan Presiden AS Donald Trump. Bahkan pada awal Juli lalu, Gubernur The Fed Jerome Powell menolak untuk mundur meski Trump mendesaknya untuk mundur secara terbuka di depan publik.




(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading