IHSG Sepekan Naik Tipis, 2 Saham Ini Meroket!

Market - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
03 August 2019 18:32
IHSG Sepekan Naik Tipis, 2 Saham Ini Meroket!
Jakarta, CNBC Indonesia - Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) boleh saja tipis sepekan lalu yaitu 0,26%, tetapi tetap masih ada saham yang penguatannya di atas 10% pada periode yang sama yakni dari Senin 29 Juli hingga Jumat 2 Agustus lalu. 

Data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan dua saham berhasil menguat di atas 10% yaitu pengelola hotel asal Batam PT Hodel Mandarine Regency Tbk (HOME) dan perusahaan pembuat kapal laut (galangan kapal) PT Steadfast Marine Tbk (KPAL). 

Selain HOME dan KPAL, dari total 10 saham dengan penguatan terbesar (top gainers) sepekan terakhir, ada dua saham yaitu PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPS) dan PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) yang sedang ramai dibicarakan di pasar. Kedua saham tersebut digosipkan akan segera menjadi penghuni baru indeks MSCI Asia.  






Secara berurutan, dari 10 saham yang penguatannya terbesar sepekan terakhir, di bawah HOME dan KPAL terdapat PT Sentul City Tbk (BKSL), BTPS, ERAA, dan PT Sinergi Megah Internusa Tbk (NUSA). 

Empat saham lain adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk (ISSP), PT Pacific Strategic Financial Tbk (APIC), dan PT Pakuwon Jati Tbk (PWON). 

Di sisi lain, penghuni daftar 10 saham dengan koreksi terbesar (top losers) sepekan terakhir adalah PT Bliss Properti Indonesia Tbk (POSA), PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG), PT Cottonindo Ariesta Tbk (KPAS), PT Smartfren Telecom Tbk (FREN), dan PT Waskita Karya Tbk (WSKT). 

Lima saham lain yang koreksinya terbesar sepekan lalu adalah PT PP Tbk (PTPP), PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), dan PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP).   



 

TIM RISET CNBC INDONESIA


(irv/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading