Beredar Kabar di Pasar, 3 Saham Ini Masuk Indeks MSCI Asia?

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
01 August 2019 10:23
Selain negara berkembang, tiga negara maju juga tergabung yakni Hong Kong, Jepang dan Singapura.
Jakarta, CNBC Indonesia - Morgan Stanley Capital International atau kini bernama MSCI Inc pekan depan akan merilis daftar daftar saham hasil penelahaan ulang atau review atas konstituen indeks tersebut.

Terakhir direview pada Mei 2019 lalu, indeks ini memuat 1.297 konstituen yang mencakup 85% dari kapitalisasi pasar berdasarkan free float saham di setiap negara.


Indonesia menjadi salah satu negara yang masuk dalam kategori ini bersama dengan delapan negara berkembang Asia lainnya antara lain China, India, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Fiolipina, Taiwan dan Thailand.


Selain negara berkembang, tiga negara maju juga tergabung yakni Hong Kong, Jepang dan Singapura.

Dalam review kali ini, beredar kabar terdapat tiga saham baru dari Indonesia yang akan mengisi daftar ini yakni saham PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA) dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPS).


Hampir satu jam sejak dibukanya perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI), saham LPKR sudah menguat 0,71% ke harga Rp 282/saham. Namun asing justru melakukan net sell dengan nilai mencapai Rp 189,88 miliar.

Saham ERAA juga telah menguat sampai dengan 0,95% sepanjang pagi ini ke harga Rp 2.120/saham. Asing juga ramai mengobral saham ini dengan nilai mencapai Rp 576,06 miliar.

Saham BTPS menjadi salah yang mengalami penguatan paling tinggi. Dalam kurun waktu hampir satu jam perdagangan hari ini sahamnya sudah naik 5,36% ke harga Rp 3.340/saham. Asing bahkan mencatatkan beli bersih (net sell) untuk saham ini dengan nilai mencapai Rp 15,47 miliar.

Ini Pendatang Baru Saham Indonesia di Indeks MSCI
[Gambas:Video CNBC]
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading