Gocap, Jigo, Gocap, Jigo, The Fed Pilih yang Mana Nih...?

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
31 July 2019 11:47
Jakarta, CNBC Indonesia - Arah suku bunga acuan oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve/The Fed menjadi isu paling 'hot' yang mendikte pergerakan pasar keuangan dunia dalam beberapa waktu terakhir. Pada dini hari nanti waktu Indonesia, Ketua Jerome 'Jay' Powell akan mengumumkan hasil rapat bulanan yang menentukan suku bunga acuan.

Pelaku pasar punya ekspektasi tinggi The Fed akan menurunkan suku bunga acuan. Mengutip CME Fedwatch, peluang penurunan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (bps) ke2-2,25% mencapai 78,1%. Sementara kemungkinan pemangkasan yang lebih agresif sebesar 50 bps menjadi 1,75-2% adalah 21,9%. Tidak ada ruang suku bunga ditahan di 2,25-2,5%, probabilitasnya 0%.

Ketika tingkat suku bunga acuan dipangkas oleh The Fed, suku bunga kredit di AS bisa diturunkan sehingga memacu dunia usaha untuk melakukan ekspansi. Selain itu, masyarakat juga akan terdorong untuk meningkatkan konsumsi yang ujungnya membuat roda perekonomian akan berputar lebih kencang.


Kala roda perekonomian AS berputar kencang, perekonomian dunia juga akan melaju di level yang tinggi. Maklum, AS merupakan negara dengan nilai perekonomian terbesar di planet bumi.

Pada awal 2019, The Fed masih bersikukuh arah kebijakan suku bunga adalah bias ketat alias bisa naik lagi. Namun seiring waktu, arahnya berbalik menjadi netral dan kini malah bias longgar.

Dalam beberapa waktu terakhir, pejabat teras The Fed cukup gencar mengeluarkan pernyataan bernada kalem (dovish) yang bisa diartikan sebagai sinyal kuat bahwa tingkat suku bunga acuan akan dipangkas dalam waktu dekat. Pada tanggal 10 Juli, The Fed merilis risalah rapat (minutes of meeting) yang memberi kode keras akan ada penurunan suku bunga acuan dalam waktu dekat.

"Beberapa peserta rapat melihat bahwa pemangkasan Federal Funds Rate dalam waktu dekat dapat membantu meminimalkan dampak guncangan ekonomi pada masa mendatang," tulis risalah rapat The Fed,.


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)

(ank/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading