Tiga Pemprov Rilis Municipal Bond, Ada yang Gagal Bayar Loh!

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
16 July 2019 07:50
Penerbitan obligasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah untuk bisa lebih mandiri dalam mencari pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur.
CNBC Indonesia - Pemerintah daerah mulai mengambil inisiatif untuk mencari pendanaan eksternal melalui penerbitan obligasi daerah atau municipal bond. Penerbitan obligasi tersebut diharapkan dapat membantu pemerintah daerah untuk bisa lebih mandiri dalam mencari pembiayaan untuk pembangunan proyek infrastruktur.

Sejauh ini, pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat sudah menunjukkan niatnya untuk merealisasikan penerbitan obligasi daerah tahun depan.

Akan tetapi, sebelum menyiapkan dana untuk membeli municipal bond, investor perlu tahu bahwa meskipun diterbitkan oleh pemerintah daerah, resiko gagal bayar masih bisa menggentayangi.


Tim Riset CNBC Indonesia mencoba merangkum beberapa obligasi daerah yang berubah menjadi bencana terbesar sepanjang sejarah yang ternyata banyak dialami oleh daerah bagian di Amerika Serikat (AS). Informasi ini didapat dari MunicipalBonds.com dan Reuters.

1. Arkansas - 1933
Pada tahun 1920-an kota Arkansas menerbitkan obligasi daerah senilai US$ 160 juta untuk membiaya proyek konstruksi jalan. Namun, karena banjir yang melanda di tahun 1927 menghancurkan proyek jalan tersebut. Terlebih 3 tahun setelahnya Amerika Serikat dilanda krisis ekonomi yang dikenal dengan nama 'The Great Depression'.

Dengan proyek yang gagal selesai tepat waktu, dan krisis ekonomi membuat kota Arkansas tidak punya uang yang cukup untuk membayar kewajibannya pada pemegang surat utang di tahun 1933.

2. The Washington Public Power Supply/WPPSS - 1983
Sekitar tahun 1970-an dan 1980-an, Instansi Penyedia Energi Publik kota Washington (The Washington Public Power Supply/WPPSS) menawarkan oblihasi untuk membiayai konstruksi 5 pembangkit listrik tenaga nuklir.

Di tahun 1983, karena manajemen yang buruk dan isu keselamatan, biaya kontruksi tumbuh 4 kali lipat dan di saat bersamaan permintaan atas energi nuklir tahun itu menurun. WPPSS kemudian terpaksa meningkatkan tarif listrik untuk membayar obligasi senilai US$ 2,25 miliar saat itu.

Keputusan peningkatan tarif tersebut menjadi 'senjata makan tuan' karena berujung ke kasus hukum akibat protes pelanggan. Alhasil, utang senilai US$ 2,25 miliar menjadi wanprestasi (gagal bayar).

3. Orange County, California - 1994
Salah satu wilayah bagian California, Orange County, menyatakan bahwa kotanya gagal bayar dan bangkrut untuk menghindari kewajiban membayar surat utang kepada pemegang obligasi di tahun 1994.

Hal ini dikarenakan manajemen investasi yang buruk karena keputusan tingkat suku bunga yang menyebabkan kerugian senilai US$ 1,5 miliar.

(BERLANJUT KE HALAMAN DUA)
Ada Yang Gagal Bayar hingga US$ 8,4 M
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading