Bahaya! Ekonomi China Cuma Tumbuh 6,2%, Terendah 27 Tahun

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
15 July 2019 09:17
Bahaya! Ekonomi China Cuma Tumbuh 6,2%, Terendah 27 Tahun
Jakarta, CNBC Indonesia - China merilis angka kuartal II-2019 sebesar 6,2% secara tahunan. Ini merupakan angka pertumbuhan terendah dalam 27 tahun terakhi dan menunjukkan perang dagang dengan Amerika Serikat (AS) sudah memberikan dampak negatif.

Biro Statistik China menyampaikan hal tersebut. Angka yang dirilis tidak berbeda seperti dari survei Reuters, seperti di kutip dari CNBC International.

Angka 6,2% merupakan angka pertumbuhan terendah Negeri Panda sejak kuartal pertama 1992. Data pertumbuhan kuartal terendah menurut Reuters.

Pada kuartal I-2019 ekonomi Tiongkok tumbuh sebesar 6,4% YoY.


Perang dagang antara China dengan AS terbukti sudah menyakiti perekonomian China. Sejauh ini, AS telah mengenakan bea masuk baru terhadap produk impor asal China senilai US$ 250 miliar, sementara China membalas dengan mengenakan bea masuk baru bagi produk impor asal AS senilai US$ 110 miliar.

Sejatinya, ada perkembangan yang positif terkait dengan perang dagang AS-China. Seperti yang diketahui, pasca berbincang sekitar 80 menit di sela-sela gelaran KTT G20 di Jepang pada akhir bulan Juni, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata di bidang perdagangan sekaligus membuka kembali pintu negosiasi yang sempat tertutup.

Dilansir dari CNBC International, kedua negara secara terpisah mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk tak saling mengenakan bea masuk baru terhadap produk impor dari masing-masing negara.

Perbincangan mengenai telepon antara delegasi AS dan China kemudian digelar pada pekan lalu dan kemungkinan, negosiasi tatap muka akan segera digelar dalam waktu dekat.

Namun tetap saja, bea masuk yang dikenakan satu sama lain oleh kedua negara belum dicabut sehingga masih membebani laju perekonomian keduanya. (ank/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading