Bank Dunia Pangkas Proyeksi PDB RI, IHSG Cuma Naik Tipis

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
02 July 2019 10:07
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pada Selasa ini (2/7/2019) dengan apresiasi sebesar 0,13% ke level 6.388,22. Pada pukul 10.00 WIB, penguatan IHSG menjadi 0,14% ke level 6.387.

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang sedang ditransaksikan melemah: indeks Shanghai turun 0,24%, indeks Straits Times terkoreksiĀ 0,41%, dan indeks Kospi turun 0,35%.

Aksi ambil untung melanda bursa saham utama kawasan Asia. Maklum, pada perdagangan Senin kemarin (1/7/2019) penguatan yang dibukukan berada di kisaran 1-2%, sehingga kini pelaku pasar tergiur untuk mencairkan keuntungannya.


Kemarin, bursa saham Benua Kuning melesat seiring dengan ademnya hubungan AS-China di bidang perdagangan. Sekedar mengingatkan, setelah berbincang sekitar 80 menit di sela-sela gelaran KTT G20 di Osaka, Jepang, Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping menyetujui gencatan senjata di bidang perdagangan sekaligus membuka kembali pintu negosiasi yang sempat tertutup.

Proyeksi PDB Dipangkas Bank Dunia, IHSG Cuma Bisa Naik TipisFoto: Pertemuan G-20 Trump-Xi (REUTERS/Kevin Lamarque)

Dilansir dari CNBC International, kedua negara secara terpisah mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk tak saling mengenakan bea masuk baru terhadap produk impor dari masing-masing negara.


Media milik pemerintah China Xinhua menyebut bahwa kedua pimpinan negara setuju "untuk memulai kembali negosiasi dagang antar kedua negara dengan dasar kesetaraan dan rasa hormat."

Teranyar, Trump mengonfirmasi bahwa dialog dagang dengan China sudah kembali dimulai. Berbicara di Gedung Putih, Trump mengatakan bahwa negosiasi banyak digelarĀ melaluiĀ sambungan telepon.

"Mereka berbincang sangat banyak melalui sambungan telepon namun mereka juga menggelar pertemuan," kata Trump, dilansir dari CNBC International.

"Ya, itu (negosiasi dagang) sejatinya sudah dimulai," lanjutnya.

LANJUT KE HALAMAN 2>>

(ank/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading