Rogoh Kocek Rp 1 T, BRI Akuisisi Asuransi Bringin Sejahtera

Market - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
21 June 2019 20:16
PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan mengakuisisi 90% saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) senilai Rp 1,04 triliun.
Jakarta, CNBC IndonesiaPT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akan mengakuisisi 90% saham PT Asuransi Bringin Sejahtera Artamakmur (BRINS) senilai Rp 1,04 triliun dari Dana Pensiun BRI.

Hal tersebut terungkap dalam Keterbukaan Informasi yang disampaikan oleh BBRI ke Bursa Efek Indonesia. Aksi korporasi ini tergolong sebagai transaksi afiliasi karena BRI merupakan pendiri dari Dapen BRI.


Direksi BBRI menyatakan bahwa akuisisi dilakukan karena merupakan bagian dari strategi pertumbuhan non organik yang telah ditetapkan dalam Rencana Bisnis Perseroan 2019-2021.


Ada 2 alasan dalam latar belakang dan tujuan penyertaan pada perusahaan asuransi umum. Pertama, mewujudkan destination statement di tahun 2020, yaitu Integrated Financial Solution dan Kedua, diversifikasi source of income.

"Pemilihan BRINS sebagai calon investor antara lain BRINS memiliki growth dan return yang lebih tinggi dibandingkan rata-rata asuransi umum dan perbankan. Di samping itu BRINS merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan perseroan sehingga lebih mudah untuk diintegrasikan dengan budaya perseroan," tulis pernyataan direksi BBRI.


(dob/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading