Alibaba Ajukan IPO Kedua di Hong Kong, Nilainya Rp 286 T!

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
13 June 2019 - 16:44
Alibaba Ajukan IPO Kedua di Hong Kong, Nilainya Rp 286 T! Foto: REUTERS/Aly Song
Hong Kong, CNBC Indonesia - Alibaba Group Holding Ltd secara diam-diam telah mengajukan permohonan pencatatan saham di bursa Hong Kong, menurut beberapa orang yang mengetahui hal tersebut. Langkah itu membuat raksasa e-commerce asal China tersebut semakin dekat dengan rekor penjualan saham terbesar di kota itu sejak 2010.

Perusahaan mengajukan dokumen initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana saham pekan ini tanpa perlu membuka laporan keuangannya, kata sumber tersebut, menurut laporan Bloomberg yang dilansir dari The Star, Kamis (13/6/2019). Alibaba disebut telah menunjuk China International Capital Corp. dan Credit Suisse Group AG sebagai underwriter.


Penawaran saham dari perusahaan terbesar China itu diperkirakan dapat meraup dana segar hingga US$20 miliar (Rp 285,7 triliun) meskipun Alibaba sendiri belum menentukan target penggalangan dananya, kata sumber tersebut.


Seorang perwakilan perusahaan menolak untuk berkomentar.

Alibaba Ajukan IPO Kedua di Hong Kong, Nilainya Rp 286 T!Foto: REUTERS/Stringer

Nilai tersebut akan menjadi IPO terbesar di Hong Kong sejak listing AIA Group Ltd. pada 2010, menurut data yang dikumpulkan Bloomberg.

Alibaba meraup US$25 miliar dari listing-nya di bursa New York dan menjadi IPO terbesar di dunia.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading