Cetak Pendapatan Rp 60 T di Q1, Berapa Omzet Harian Astra?

Market - Dwi Ayuningtyas, CNBC Indonesia
12 June 2019 17:30
Cetak Pendapatan Rp 60 T di Q1, Berapa Omzet Harian Astra?
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten dengan total karyawan terbanyak se-Indonesia, PT Astra International Tbk (ASII) tampaknya tidak rela melepaskan satu pun anak usaha yang dimilikinya.

Seperti diketahui, belakangan ini ramai dikabarkan saham PT Bank Permata Tbk (BNLIakan dilepas oleh dua pemegang sahamnya yakni Astra dan Standard Chartered Indonesia (Stanchart) yang menggenggam masing-masing 45% saham.

Namun, Presiden Direktur ASII, Prijono Sugiarto, menegaskan bahwa sebagai pemegang saham, tugas Astra International adalah memperbaiki, mempercantiik, dan membuat kinerja Bank Permata lebih solid lagi.


"Yang paling penting adalah diperbaiki, dipoles lagi, dipoles lagi. Jadi di Astra itu ada 229 perusahaan, kami berusaha untuk membawa 229 perusahaan itu menjalankan operational excellent yang baik sehingga pada suatu hari kita bisa menjadi jawaranya di segmennya masing-masing," ujar Prijono dalam wawancara khusus dengan CNBC Indonesia baru-baru ini.

Sebagai informasi, situs resmi Astra mencatat, akhir tahun 2018, kegiatan operasional bisnis Astra tersebar di seluruh Indonesia dikelola melalui 229 anak perusahaan, ventura bersama dan entitas asosiasi, dengan didukung oleh 224.488 karyawan.

Dengan visi untuk menjadikan 229 anak usaha jawara di industrinya masing-masing, maka tidak heran jika omzet harian yang dicatatkan perusahaan mencapai setengah triliun seiring dengan kenaikan pendapatan.

Induk Astra Tiap Hari Raup Omzet Rp 555 M & Laba Rp 49 MFoto: Performa Astra 5 tahun/BEI


Berdasarkan tabel di atas, terlihat dalam 5 tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan pendapatan perusahaan mencapai 4,71%, tapi perlu dicatat 2 tahun belakangan omzet tahunan perusahaan tumbuh dua digit.

Sedangkan, jika dihitung perolehan tiap harinya, maka ASII mampu membukukan omzet Rp 554,65 miliar.

Terlebih lagi performa tersebut membaik di kuartal pertama 2019. Hingga akhir Maret, perusahaan mencatatkan total pendapatan Rp 59,61 triliun, maka maka setiap hari pada 90 hari pertama 2019, ASII membukukan omzet Rp 662,3 miliar.

Lebih lanjut, dari segi perolehan laba bersih, dalam 5 tahun terakhir perusahaan meraup keuntungan harian sebesar Rp 48,95 miliar. Sementara, bila dihitung dari perolehan kuartal I-2018, maka setiap hari perusahaan mengantongi laba bersih senilai Rp 57,94 miliar.

Laba bersih Astra pada kuartal I-2019 mencapai Rp 5,22 triliun, naik 5% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2018 sebesar Rp 4,98 triliun.

Pada penutupan perdagangan sesi II, Rabu ini (12/6/2019), saham perusahaan yang dikendalikan oleh konglomerasi Jardines ini cukup aktif ditransaksikan dengan nilai mencapai Rp 207 miliar. Namun, harga saham ASII tercatat melemah 1,64% ke level Rp 7.500/saham, di mana investor asing juga membukukan aksi jual bersih hingga Rp 12,89 miliar di semua pasar.


TIM RISET CNBC INDONESIA

(dwa/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading