Hore! Investor Asing Mulai Kembali ke Pasar Saham

Market - Anthony Kevin & Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
27 May 2019 11:19
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan pertama di pekan ini dengan koreksi tipis sebesar 0,02% ke level 6.056,41. Namun, tak perlu waktu lama bagi IHSG untuk membalikkan keadaan.

Hanya dalam hitungan menit, IHSG sudah merangsek ke zona hijau. Pada pukul 10:40 WIB, IHSG ditransaksikan menguat 0,61% ke level 6.094,49.

IHSG mengjijau kala mayoritas bursa saham utama kawasan Asia sedang ditransaksikan di zona merah: indeks Shanghai turun 0,34%, indeks Hang Seng turun 0,74%, indeks Straits Times turun 0,25%, dan indeks Kospi turun 0,12%.


Investor asing memegang peranan penting dalam mendorong IHSG ke zona hijau di tengah panasnya perang dagang AS-China yang berhasil membuat bursa saham regional terkulai.

Hingga berita ini ditulis, investor asing membukukan beli bersih senilai Rp 132,8 miliar di pasar reguler. Jika investor asing tetap mencatatkan beli bersih hingga akhir perdagangan, maka akan memutus rentetan jual bersih yang sudah berlangsung selama 16 hari beruntun.


Keperkasaan rupiah menjadi kunci di balik optimisme investor asing untuk kembali masuk pasar saham tanah air. Hingga berita ini diturunkan, rupiah menguat 0,21% di pasar spot ke level Rp 14.355/dolar AS, menjadikannya mata uang dengan kinerja terbaik di Asia. Jika bertahan hingga akhir perdagangan, maka akan menandai apresiasi selama 3 hari beruntun.

Rupiah terus menunjukkan performa yang menggembirakan pasca sebelumnya terus-menerus bergerak melemah. Jika dihitung sejak awal bulan ini hingga penutupan perdagangan tanggal 22 Mei, rupiah melemah hingga 1,93% melawan dolar AS di pasar spot.


Pelemahan rupiah yang signifikan tersebut membuat investor asing berpotensi menanggung yang namanya kerugian kurs sehingga mau tak mau aksi jual dilakukan di pasar saham. Kini, ketika kondisi mulai berbalik, investor asing kembali mengincar saham-saham di Indonesia.

Saham-saham yang banyak diburu investor asing pada perdagangan hari ini di antaranya: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk/BBRI (Rp 67,9 miliar), PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (Rp 60,7 miliar), PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (Rp 25,3 miliar), PT Ace Hardware Indonesia Tbk/ACES (Rp 4,1 miliar), dan PT Mitra Adiperkasa Tbk/MAPI (Rp 1,4 miliar). (ank)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading