Awas, AS Akan Serang Negara yang Sengaja Lemahkan Mata Uang

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
24 May 2019 - 15:12
Awas, AS Akan Serang Negara yang Sengaja Lemahkan Mata Uang
Jakarta, CNBC Indonesia - Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS), Kamis (24/5/2019), mengatakan pihaknya mengusulkan aturan baru untuk menjatuhkan bea antisubsidi pada produk-produk dari berbagai negara yang melemahkan mata uangnya terhadap dolar. Ini adalah langkah terbaru yang dapat membuat China dikenai bea impor lebih tinggi.

Aturan baru ini juga dapat membuat barang dari negara lain dikenakan bea masuk yang lebih tinggi. Beberapa negara yang terancam termasuk Jepang, Korea Selatan, India, Jerman, dan Swiss.



Negara-negara tersebut, bersama dengan China, semuanya terdaftar di "daftar pemantauan laporan mata uang semi-tahunan Departemen Keuangan," yang mencatat intervensi pasar mata uang, surplus neraca transaksi berjalan global yang tinggi, dan surplus perdagangan bilateral yang tinggi.


Departemen itu mengatakan aturan yang diusulkan akan mengubah proses countervailing duty normal untuk memasukkan kriteria baru bagi pelemahan mata uang. Pejabat pemerintahan Presiden Donald Trump telah lama memandang yuan China sengaja dilemahkan nilainya terhadap dolar, meskipun ada perang dagang AS-China, yang menurut para pakar mata uang asing telah menghancurkan nilai yuan.

Awas, AS Akan Serang Negara yang Sengaja Lemahkan Mata UangFoto: Foto ilustrasi dolar amerika dan yuan china. REUTERS/Thomas White/Illustration/File Photo

"Perubahan ini memberitahu eksportir asing bahwa Departemen Perdagangan dapat membalas subsidi mata uang yang merugikan industri AS," kata Menteri Perdagangan Wilbur Ross dalam sebuah pernyataan, mengutip CNBC International.

"Negara-negara asing tidak akan lagi dapat menggunakan kebijakan mata uang untuk merugikan pekerja dan bisnis Amerika," katanya.



Itu adalah langkah untuk mewujudkan janji kampanye Trump untuk mengatasi praktik mata uang yang tidak adil, kata Ross.

Departemen itu tidak mengidentifikasi kriteria khusus yang akan digunakan untuk mengevaluasi apakah langkah penghitungan harga AS terhadap suatu produk rendah karena pelemahan mata uang yang disengaja.

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading