Ini Besaran Bunga Kredit & Deposito Bank Terbaru

Market - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
24 May 2019 - 13:07
Ini Besaran Bunga Kredit & Deposito Bank Terbaru
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) melaporkan tingkat suku bunga deposito perbankan cenderung stabil hingga akhir triwulan I-2019.

Rata-rata tertimbang (RRT) suku bunga deposito pada akhir triwulan
I-2019 stabil di kisaran 6,88%, sama dengan suku bunga triwulan sebelumnya

"Berdasarkan tenor, suku bunga deposito pada tenor lebih panjang yaitu 3 bulan, 6 bulan dan 1 tahun masih meningkat masing-masing 1 bps, 31 bps, dan 37 bps, sementara suku bunga tenor 1 bulan turun 8 bps," jelas BI, Jumat (24/5/2019) dalam Tinjauan Kebijakan Moneter Triwulan I-2019.


Berdasarkan kelompok bank, suku bunga deposito di seluruh kelompok bank cenderung turun di tengah kenaikan suku bunga deposito bank umum swasta nasional. Dengan perkembangan tersebut, sejak akhir tahun 2017, RRT suku bunga deposito telah naik sebesar 
81 bps.

Memasuki triwulan II-2019, RRT suku bunga deposito pada April 2019 turun 2 bps menjadi 6,86% seiring penurunan suku bunga deposito jangka pendek di tengah masih berlanjutnya peningkatan suku bunga jangka waktu lebih panjang.

Besaran Suku Bunga Kredit & Deposito Bank TerbaruFoto: Bank indonesia


Bunga Kredit Bank

BI juga melaporkan suku bunga kredit juga cenderung stabil. RRT suku bunga kredit pada akhir triwulan I-2019 tercatat sebesar 10,8%, relatif sama dengan suku bunga akhir triwulan sebelumnya.

Stabilnya suku bunga kredit dipengaruhi oleh suku bunga kredit modal kerja (KMK) yang sedikit naik, di tengah berlanjutnya tren penurunan suku bunga kredit konsumsi (KK) dan kredit investasi (KI).

Berdasarkan kelompok bank, RRT suku bunga kredit pada kelompok bank BUKU 3 dan BUKU4 mulai meningkat, sementara pada BUKU 1 dan BUKU
2 masih dalam tren menurun. Dengan perkembangan tersebut, suku bunga kredit sejak akhir tahun 2017.

BI juga menerangkan fungsi intermediasi perbankan yang berjalan baik pada triwulan I-2019. Kredit yang disalurkan perbankan pada akhir triwulan I-2019 tumbuh tinggi 11,5% (yoy) meskipun tidak setinggi pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang sebesar 11,75% (yoy).

Kredit investasi (KI) tumbuh meningkat dari 10,9 % (yoy) ke 13,6% (yoy) pada triwulan I-2019. Sementara itu, kredit modal kerja (KMK) dan kredit konsumsi (KK) tumbuh melambat yaitu masing-masing sebesar 12,0% (yoy) dan 9,0% (yoy) pada triwulan I-2019.

"Berdasarkan sektor ekonomi, kredit ke sektor konstruksi dan jasa dunia usaha tumbuh meningkat, sejalan dengan pertumbuhan sektor tersier yang terus meningkat."

Sebaliknya, beberapa sektor dengan pangsa kredit yang besar, antara lain sektor perdagangan dan lain-lain (konsumsi rumah tangga) tercatat tumbuh melambat sejalan dengan konsumsi rumah tangga yang melambat pada triwulan I-2019







(dru/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading