Charoen Bangun Pabrik Baru, Danamon Rilis Obligasi Rp 2 T

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
24 May 2019 - 07:51
Charoen Bangun Pabrik Baru, Danamon Rilis Obligasi Rp 2 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar saham domestik melaju di teritori positif sepanjang perdagangan kemarin, Kamis (23/5/2019), dengan penguatan sebesar 1,57% ke level 6.032,7. Penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah terjadi sejak awal perdagangan dan terus memperlebar penguatan hingga pasar ditutup.

Berkebalikan dengan bursa saham Asia yang ditransaksikan melemah, IHSG menjadi satu-satunya indeks saham di kawasan Asia yang justru menguat. IHSG menguat seiring situasi pasar yang mulai kondusif setelah aksi demonstrasi 22 Mei yang menolak hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum.



Saham-saham yang berkontribusi signifikan dalam mendorong kenaikan IHSG di antaranya: PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) 2,66%, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) 3,39%, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) 2,44%, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) 3,77%, dan PT United Tractors Tbk (UNTR) 4,71%.


Sebelum perdagangan akhir pekan ini, Jumat (24/5/2019) dibuka, ada baiknya kembali mencermati aksi dan peristiwa emiten sebagaimana dihimpun dalam pemberitaan CNBC Indonesia.


1. Bangun 2 Pabrik, Charoen Jor-joran Siapkan Capex Rp 2,5 T
Emiten pakan ternak dan perunggasan (poultry) PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) memasang target investasi tahun ini dengan nilai yang terbilang besar.

Perseroan bahkan menganggarkan dana belanja modal (capital expenditure/capex) hingga Rp 2,5 triliun yang akan digunakan sebagian untuk meningkatkan kapasitas produksi pakan ternak yang selama ini berkontribusi paling besar untuk pendapatan perusahaan.

Dana capex tersebut akan dipakai menambah lagi dua pabrik baru dengan kapasitas total mencapai 1 juta-1,5 juta ton di Semarang dan Padang.


2. Danamon Rilis Obligasi Rp 2 T, Kuponnya 7,55%-8,55%
Rencana penerbitan obligasi PT Bank Danamon Tbk (BDMN) yang didegungkan sejak awal tahun ini akhirnya direalisasikan. Bank yang kini dimiliki oleh The Bank of Tokyo Mitsubishi UFJ (MUFG) ini merilis Obligasi Berkelanjutan I Tahap I Tahun 2019 senilai Rp 2 triliun.

Berdasarkan surat pendaftaran obligasi di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), surat utang tersebut ditawarkan dengan kupon antara 7,55%-8,55% per tahun.

Obligasi ini diterbitkan dalam dua seri, Seri A senilai Rp 1,14 triliun dengan tingkat bunga 7,55% per tahun yang akan dibayarkan setiap tiga bulan. Memiliki tenor selama 370 hari kalender. Kemudian untuk seri B memiliki nominal sebesar Rp 852 miliar dengan kupon 8,55% per tahun. Seri ini akan jatuh tempo 24 Mei 2022 atau tenor selama 36 bulan.

Perusahaan telah memperoleh efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 21 Mei 2019 dan dan masa penawaran obligasi dilakukan pada 22 Mei 2019. Obligasi ini akan dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 27 Mei mendatang.


3. Gantikan Holcim, Semen Indonesia Siapkan Merek Baru
PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) mempersiapkan merek dagang baru untuk produk semen yang diproduksi PT Solusi Bangun Indonesia (SBI), menggantikan merek Holcim.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi beban keuangan, sehingga perusahaan tidak perlu lagi membayar royalty untuk merek dagang. Rencananya brand baru ini bisa mulai digunakan pada 2020.

Direktur Keuangan Doddy Sulasmono mengatakan setelah akuisisi SBI rampung pada pertengahan kuartal I-2019 hingga saat ini perusahaan tengah mengupayakan sinergi. Hingga saat ini SBI masih memasarkan produknya dengan merek Holcim, akibatnya perusahaan harus membayar biaya royalti, karena belum memiliki merek sendiri setelah akuisisi.


4. Tambah Armada, Pelita Samudera Garap Bisnis Angkutan Energi
Emiten jasa angkutan laut, PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) menambah satu unit armada untuk menggarap bisnis logistik di sektor energi.

Imelda Agustina Kiagoes, Sekretaris Perusahaan mengatakan, dengan penambahan unit baru kapal kargo Mother Vessel, saat ini kapal kargo kelas handy size tersebut menjadi 5 unit.

"Ini bagian dari ekspansi armada Perseroan sejalan dengan peningkatan kebutuhan logistik Indonesia untuk sektor energi," kata Imelda, dalam keterangan pers, Kamis (23/6/2019).

Adapun, total kapasitas pengangkutan MV sampai saat ini menjadi 205.552 DWT dibandingkan 31.000 DWT dari periode yang sama tahun lalu yang dihasilkan dari pengangkutan batu bara dan juga bijih nikel. Nilai investasi pembelian kapal di atas US$8 juta dengan menggunakan 30% kas perseroan dan 70% pinjaman bank.




5. Saham Telkom Melesat Jelang RUPS Besok, Bakal Ganti Dirut?
Saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) terpantau naik pada perdagangan Kamis ini (23/5/2019) jelang digelarnya Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) perseroan Jumat besok.

Data perdagangan pukul 13.52 WIB menunjukkan, saham TLKM naik 2,82% di level Rp 3.640/saham dengan nilai transaksi Rp 271 miliar dan volume perdagangan 75,10 juta saham.

Kendati secara tahunan, saham perusahaan induk Telkomsel ini masih minus 2,93%. Bahkan dalam sebulan terakhir saham Telkom amblas 5,21%.

Dalam pengumuman di situs resminya, Telkom akan menggelar RUPST di Hotel Four Seasons Jakarta pada Jumat 24 Mei 2019. Salah satu agenda besarnya yakni persetujuan penggunaan laba bersih perusahaan. Tapi agenda yang menarik perhatian adalah rencana perubahan pengurus perusahaan, artinya kemungkinan besar ada perombakan direksi dan komisaris perusahaan. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading