Rilis AKSes Next-G, KSEI Terus Bidik Investor Baru

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
20 May 2019 13:50
Rilis AKSes Next-G, KSEI Terus Bidik Investor Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga penyimpanan dan penyelesaian transaksi di pasar modal, PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas acuan kepemilikan sekuritas yang diberi nama AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G).

Layanan ini diklaim memiliki cara akses yang lebih mudah dan cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan dalam memberikan efisiensi penyampaian laporan data kepemilikan efek milik investor.

Direktur Utama KSEI Friderica Widyasari Dewi mengatakan melalui AKSes Next-G ini investor bisa melakukan pemantauan terhadap portofolio investasi, naik turunnya harga saham, surat utang dan reksa dana yang tersimpan di rekening nasabah.


"Fitur yang disampaikan lebih advance [maju] dengan teknologi terkini. Kemudahan dan melakukan pengembangan berikutnya. Log in mudah dengan NIK [nomor induk kependudukan] untuk investor dan calon investor, investor foreign dengan paspor dan institusi dengan SID [single investor identification]," kata Friderica di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (20/5).

Dalam 3 bulan ke depan, dengan aplikasi ini maka KSEI dan bank kustodian akan dapat menggantikan laporan (account statement) yang selama ini dilakukan secara manual melalui surat akan digantikan dengan adanya aplikasi tersebut.

Pembaharuan sistem ini akan memberikan nilai tambah di pasar modal karena menjadi lebih efisien.


Pengembangan ini juga akan meningkatkan jumlah investor yang yang menggunakan fasilitas AKSes hingga mencapai 50% total investor di Indonesia dari posisi saat ini yang masih sebesar 12%.

Saat ini, jumlah investor pasar modal mencapai 1,8 juta investor, terdiri dari 924.000 investor saham dan sisanya merupakan investor reksa dana. 
Peningkatan jumlah investor bisa terjadi karena kehadiran AKSes Next-G adalah salah satu satu langkah dalam perlindungan investor.


Berbeda dengan AKSes sebelumnya, AKSes Next-G ini menawarkan proses registrasi dan login yang jauh lebih mudah, namun dengan tingkat keamanan yang lebih baik.

Fasilitas AKSes merupakan fasilitas yang disediakan KSEI agar investor di pasar modal dapat secara langsung memantau portofolio kepemilikan efek dan dana yang tersimpan di dalam Rekening Dana Nasabah (RDN). Peluncuran fasilitas AKSes pertama kali dilakukan KSEI pada tahun 2009 dengan nama Investor Area.

Foto: KSEI Luncurkan AKSes Next-G (CNBC Indonesia/Monica Wareza)

Dengan pemantauan secara berkala melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI.

Pengembangan AKSes Next-G merupakan inisatif KSEI dan salah satu proyek multi-yearsyang termasuk dalam rencana strategis KSEI jangka panjang.
(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading