3 Hari Berturut-turut Dihajar, Hari Ini Akhirnya IHSG Bangkit

Market - Anthony Kevin, CNBC Indonesia
07 May 2019 09:39
Pada pukul 9:28 WIB, IHSG ditransaksikan menguat 0,6% ke level 6.293,99.
Investor asing memegang peranan penting dalam mendorong IHSG ke zona hijau. Hingga berita ini diturunkan, investor asing membukukan beli bersih senilai Rp 39,2 miliar di pasar saham Indonesia.

Sejatinya, pergerakan rupiah masih tak mendukung bagi investor asing untuk melakukan aksi beli di bursa saham. Hingga berita ini diturunkan, rupiah melemah 0,1% di pasar spot ke level Rp 14.305/dolar AS.

Jika pelemahannya bertahan hingga akhir perdagangan, maka akan menjadi hari ke-10 secara beruntun di mana rupiah tak pernah mencetak apresiasi. Kali terakhir rupiah menguat adalah sehari selepas gelaran pemilihan umum atau pada tanggal 18 April silam. Selepas itu, rupiah ditransaksikan melemah atau setidaknya flat.


Nampaknya, aksi jual yang kemarin begitu besar dilakukan investor asing membuat ruang untuk melakukan aksi beli pada hari ini menjadi terbuka. Apalagi, ada sentimen positif yang menyelimuti yakni optimsime bahwa damai dagang AS-China pada akhirnya tetap akan bisa diteken. Pada perdagangan kemarin, investor asing tercatat membukukan jual bersih senilai Rp 836,9 miliar di pasar saham Indonesia.

Saham-saham yang banyak dikoleksi investor asing pada hari ini di antaranya: PT Bank Mandiri Tbk/BMRI (Rp 25,9 miliar), PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syaria Tbk/BTPS (Rp 18,1 miliar), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk/TLKM (Rp 7,8 miliar), PT Gudang Garam Tbk/GGRM (Rp 6,7 miliar), dan PT Ciputra Development Tbk/CTRA (Rp 5 miliar).

TIM RISET CNBC INDONESIA
(ank/hps)
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading