Sediakan Capex Rp 1 T, Elnusa Perkuat Bisnis Hulu Migas

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
11 April 2019 18:27
Sediakan Capex Rp 1 T, Elnusa Perkuat Bisnis Hulu Migas
Jakarta, CNBC IndonesiaPT Elnusa Tbk (ELSA) di tahun ini menganggarkan belanja modal (capital expenditure/capex) senilai Rp 1 triliun, naik dari anggaran tahun lalu yang senilai Rp 600 miliar. Kenaikan investasi ini akan meningkatkan kapasitas perusahaan dalam menggarap proyek di hulu migas.

Direktur Utama Elnusa Elizar Parlindungan Hasibuan mengatakan tahun ini perusahaan bakal memperkuat bisnis hulu seiring dengan meningkatnya kegiatan minyak dan gas sehingga kegiatan servis juga akan meningkat tahun ini.

"Bisnis di upstream akan kita perkuat karena dengan menggiatnya kegiatan oil and gas tentunya kegiatan services juga menggiat makanya kegiatan investasi juga akan kita lakukan tahun ini ," kata Elizar di Graha Elnusa, Kamis (11/4).

Di bisnis upstream, Elnusa akan meningkatkan teknologi data eksplorasi migas yang diklaim sebagai teknologi terbaru dan pertama kali diterapkan perusahaan di dalam negeri.


Dalam bisnis mid-stream, perusahaan akan mengembangkan binsis pengolahan minyak, untuk itu tahun ini perusahaan telah memiliki pekerjaan turnaround untuk kilang Cilacap. Terakhir di segmen downstream, Elnusa berencana untuk mengembangkan depo yang tahun ini ditargetkan satu untuk tahun ini.

Dana capex ini berasal dari kas internal perusahaan yang ditambah dengan dana yang diperoleh dari pinjaman sindikasi senilai US$ 80 juta (Rp 1,12 triliun, asumsi kurs Rp 14.100/US$).

Adapun untuk tahun ini perusahaan menggenjot perolehan kontrak dari pekerjaan di luar negeri. Baru-baru ini anak usaha Pertamina ini memperoleh kontrak untuk bekerja sama dengan SOCO International untuk bekerja di Vietnam.

Selain itu saat ini perusahaan tengah dalam proses tender untuk kontrak kerja di wilayah Afrika dan membidik kontrak di Timur Tengah. Keduanya diharapkan dapat diperoleh perusahaan di semester I-2019 ini. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading