Gara-gara IMF & Perang Dagang, Bursa Hong Kong Nge-Drop

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
10 April 2019 - 12:17
Gara-gara IMF & Perang Dagang, Bursa Hong Kong Nge-Drop
Hong Kong, CNBC Indonesia - Bursa saham Hong Kong terkoreksi pada jeda perdagangan siang karena investor khawatir dengan kemungkinan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dengan Uni Eropa.

Pada perdagangan Rabu ini (10/4/2019), indeks Hang Seng turun 0,42% ke level 30.031,55 poin saat jeda. Koreksi ini juga bersamaan dengan turunnya mayoritas bursa utama di Asia, seperti indeks Shanghai minus 0,33% dan Nikkei 225 turun 0,557%.

Selain karena faktor perang dagang AS-UE, investor juga tampaknya khawatir dengan perlambatan ekonomi dunia.



Dalam publikasi terbarunya, Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan ekonomi global tumbuh 3,3% pada tahun ini, menandai laju terlemah sejak 2016. Proyeksi tersebut lebih rendah ketimbang proyeksi pada bulan Januari yang sebesar 3,5%.

Negara-negara kawasan Asia pun tak lepas dari sasaran proyeksi IMF. Managing Director IMF Christine Lagarde dan koleganya mematok perekonomian China tumbuh sebesar 6,3% pada tahun ini, mengimplikasikan kenaikan dari proyeksi pada bulan Januari yang sebesar 6,2%.

Namun, target pertumbuhan ekonomi untuk tahun depan dipangkas menjadi 6,1%, dari yang sebelumnya 6,2%.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Hong Kong pada tahun ini ditargetkan di level 2,7%, lebih rendah dibandingkan proyeksi pada Oktober 2018 yang sebesar 2,9%.


Simak ulasan proyeksi IMF atas ekonomi dunia dan negara-negara Asia.
[Gambas:Video CNBC]
(hps/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading