Negara Sebesar AS Terancam Resesi? Tak Semudah Itu, Ferguso!

Market - Herdaru Purnomo & Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
27 March 2019 10:14
Damai Dagang dengan China Bisa Lambungkan Ekspor

Damai Dagang dengan China Bisa Lambungkan Ekspor

Sementara di sisi ekspor, yang menyumbang sekitar 12% terhadap PDB, juga ada harapan untuk membaik. Setelah tahun lalu terlibat perang dagang yang sengit dengan China, AS kini tengah memasuki proses untuk berdamai. 

Pada Kamis-Jumat pekan ini waktu setempat, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan Kepala Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer akan menggelar pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri China Liu He di Beijing. 

Pertemuan ini kembali menggelorakan api damai dagang AS-China yang sempat meredup. Ada harapan Washington dan Beijing bisa meneken kesepakatan damai dagang dalam waktu dekat, setidaknya pada tengah tahun. 


Untuk memperbaiki hubungan dengan AS, China berkomitmen untuk melakukan reformasi ekonomi. Perdana Menteri Li Keqiang menegaskan Beijing akan lebih transparan dalam penyusunan kebijakan, melindungi hak atas kekayaan intelektual, dan tidak akan memaksakan transfer teknologi. 

"China mendorong pengembangan teknologi dan industri untuk menciptakan ruang inovasi dan pembangunan," tegas Li, mengutip Reuters. 

Komitmen China ini diharapkan mendapat tanggapan positif dari AS. Washington memang sudah cukup lama mengeluhkan soal pelanggaran atas hak kekayaan intelektual dan transfer teknologi. Saat China serius untuk menghapuskan praktik tersebut, semoga poros Washington-Beijing akan semakin mesra dan damai dagang segera terwujud. 

Perdamaian dengan China akan sangat membantu kinerja ekspor AS. Total ekspor AS dengan China sepanjang 2018 adalah US$ 120,3 miliar atau 7,2% dari total ekspor. China menjadi negara tujuan ekspor ketiga terbesar setelah Kanada dan Meksiko. 

 

Dengan dua mesin utama yang masih bisa melaju, maka prospek pertumbuhan ekonomi AS sebenarnya masih cerah. Memang mungkin ada perlambatan, tetapi untuk menuju kontraksi sepertinya masih jauh panggang dari api. 



(BERLANJUT KE HALAMAN 3)


Tetap Tak Boleh Lengah!
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading