Market Cap Rp 100 T: UNTR Terbaik, Chandra Asri Terdepak

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
25 March 2019 15:42
Market Cap Rp 100 T: UNTR Terbaik, Chandra Asri Terdepak
Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sepanjang pekan lalu terapresiasi 0,99% dan terhenti pada level 6.525. Kinerja tersebut membuat IHSG berada di posisi ketiga terbaik di kawasan Asia Tenggara.

Dari 629 emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), hanya terdapat 12 emiten yang memiliki kapitalisasi pasar atau market capitalization (market cap) di atas Rp 100 triliun. PT Chandra Asri Petrochemical Tbk PT (TPIA) terlempar dari daftar nilai kapitalisasi Rp 100 triliun tersebut.

Adapun PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) masih kokoh dengan nilai kapitalisasi pasar Rp 676 triliun. Dari 12 emiten tersebut, PT United Tractors Tbk (UNTR) menjadi emiten yang paling menguntungkan dengan kenaikan saham 7,69%,



Sedangkan PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) berada di posisi kedua dengan penguatan 6,08% selama sepekan.

Berikut data lengkapnya:


Nilai kapitalisasi pasar IHSG yang naik menjadi cerminan naiknya kinerja perusahaan yang tercatat di BEI. Angka market cap berasal dari harga saham dikalikan dengan jumlah saham beredar perusahaan.

Hingga Jumat (22/3/2019), market cap IHSG sudah mencapai Rp 7.420 triliun, naik Rp 73 triliun dibandingkan market cap seminggu sebelumnya yakni Rp 7.347 triliun.


Faktor yang mengangkat IHSG pada minggu lalu berasal dari Amerika Serikat (AS). Pekan lalu, bank sentral AS, the Fed mengumumkan tidak menaikkan suku bunganya atau tetap di level 2,25%-2,5%. 

Langkah tersebut juga diikuti Bank Indonesia (BI) yang tidak menaikkan suku bunga acuan yakni BI 7 Day RR pada level 6%. Katalis positif ini mampu mengangkat sektor keuangan naik 2,27% dan sektor properti juga naik 2,16%.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(yam/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading