Saham Kapitalisasi Rp 100 T

3 Kali Pecah Rekor, BRI Paling Moncer di Jajaran Big Cap

Market - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
20 January 2020 12:18
Semakin besar nilai market cap sebuah emiten maka pengaruhnya terhadap pergerakan IHSG juga semakin besar.

Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pekan lalu berhasil ditutup positif dan mendorong harga saham-saham big cap.

Salah satu saham big cap yang naik pekan lalu lalu adalahPT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang naik 4,99% pada harga Rp 4.630/saham, kapitalisasi pasar sahamnya pun meningkat Rp 27,13 triliun menjadi Rp 571.09.


Bank BRI merupakan pemilik market cap terbesar ketiga di Asia Tenggara dan kedua di Indonesia di bawah PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang mempunyai kapitalisasi Rp 847,51 triliun, setara bobot 11,63% IHSG.

Market cap sebuah perusahaan merupakan nilai pasar dari sebuah emiten yang didapat dari perkalian harga saham dengan jumlah saham beredar di pasar. Semakin besar nilai market cap sebuah emiten maka pengaruhnya terhadap pergerakan IHSG juga semakin besar.

Saat ini terdapat 13 saham emiten elit dengan kapitalisasi pasar paling besar di atas Rp 100 triliun. Jika ditotal bobot market cap tersebut setara dengan 50,73% terhadap IHSG.

Dari 13 saham yang ada tersebut, sebanyak 10 saham menguat, 2 saham melemah dan hanya 1 saham stagnan. Sehingga, bisa dikatakan kenaikan IHSG kemarin ditopang saham-saham big cap tersebut.

Berikut data dan kinerja market cap saham paling besar di bursa pada pekan kemarin:


TIM RISET CNBC INDONESIA


(yam/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading