Tarif MRT Belum Jelas, Pengusaha Usul Rp 10.000 - Rp 15.000

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
23 March 2019 15:30
Tarif MRT Belum Jelas, Pengusaha Usul Rp 10.000 - Rp 15.000
Jakarta, CNBC IndonesiaPresiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan moda raya terpadu atau mass rapid transit (MRT) Jakarta, Minggu (24/4/2019) besok. Selanjutnya, MRT beroperasi secara komersial pada 1 April 2019.


Dalam seminggu ini MRT akan digratiskan dan setelahnya akan dikenakan tarif. Namun tarifnya belum ditetapkan oleh pemerintah provinsi (pemprov) DKI Jakarta. Tarifnya akan ditetapkan minggu depan.

Wakil Ketua Umum Kadin DKI Jakarta, Sarman Simanjorang mengatakan pelaku usaha sangat bangga dan menyambut sangat antusias hadirnya moda transportasi baru di Jakarta yaitu MRT yang dalam tahap pertama ini akan menghubungkan rute stasiun bundaran HI ke Lebak Bulus yang ditempuh hannya sekitar 30 menit.


"Kebetulan saya sudah ikut uji coba bersama Dirut MRT minggu lalu, infrastrukturnya sangat berkelas dan kenyamanannya sangat baik. Dalam waktu dekat, MRT akan diresmikan dan akan beroperasi melayani masyarakat," ujarnya melalui keterangan resmi, Sabtu (23/3/2019).

Sarman Simanjorang mengusulkan agar tarif transportasi MRT jangan memberatkan atau tidak terlalu mahal sehingga animo masyarakat untuk mempergunakan MRT akan tinggi.

"Pemprov bersama DPRD agar dapat menetapkan tarifnya disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan daya beli masyarakat. Puluhan ribu karyawan yang bekerja dikawasan Blok M, Sisingamangaraja, Sudirman, Thamrin, Hayam Wuruk dan sekitarnya diyakini akan naik MRT untuk berangkat dan pulang kerja," jelasnya.

Tarif MRT Belum Jelas, Pengusaha Usul Rp 10.000 - Rp 15.000Foto: infografis/infografis Segera Beroperasi, Mari Mengenal MRT Jakarta/Aristya Rahadian Krisabella

"Tarif MRT diharapkan dikisaran antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000 per sekali jalan atau disesuaikan dengan stasiun yang dituju, sehinnga moda transportasi ini benar benar menjadi tumpuan masyarakat dalam berbagai aktivitas dan bisnisnya."

Sarman menambahkan dengan adanya MRT ini produktivitas karyawan semakin meningkat karena akan dapat sampai di tempat kerja tepat waktu.

"Adanya usulan dari DPRD untuk menggratiskan tiket MRT khusus warga Jakarta sebenarnnya sah sah saja akan tetapi kurang mendidik, karena MRT ini sudah memberikan fasilitas transportasi yang cepat, aman dan nyaman untuk masyarakat dan konsumen tidak keberatan untuk membayar asalkan sesuai dengan kemampuan," jelasnya.

Simak video soal MRT Jakarta di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading